Selasa, 14 Agustus 2012

Perubahan Gaya Hidup


Apabila kita mencermati perilaku manusia abad ini. Banyak perubahan-perubahan yang mendasar terjadi seperti halnya perubahan gaya hidup. Gaya hidup manusia memang sudah mengalami banyak perubahan yang sangat menyolok. Pola hidup konsumtif, kebarat-baratan, popularitas menjadi hal yang umum terjadi di seluruh dunia. Hal ini berdampak pada kesehatan manusia itu sendiri.

Di Indonesia saja, tingkat harapan hidup manusia (life expectancy) adalah pada usia 65 tahun. Usia 65 bagi masyarakat kita adalah usia lanjut dan tinggal menunggu ajal datang menghampiri. Ibarat sebuah pohon, makin tua pohon tersebut dapat dilihat dari semakin bertambahnya jumlah lingkaran dalam potongan penampang batang pohon tersebut. Pohon yang memiliki umur ratusan tahun  pasti memiliki lingkaran yang sangat banyak, dan tentu saja akan lebih kokoh dan kuat.



Memang hidup manusia tidak seperti pohon, makin tua umurnya, semakin kokoh dan kuat. Makin bertambah usia manusia, resiko terkena penyakit akan semakin besar. Gaya hidup seseorang sangat erat kaitannya dengan timbulnya suatu penyakit. Banyak permasalahan kesehatan yang sering kita jumpai pada usia lanjut seperti Diabetes, Gangguan Persendian (Rheumatic), Osteoporosia , Darah Tinggi (Hipertensi), Stroke, Sakit Jantung, Kanker, dsb.

Semua ini bergantung pada kemauan, sikap, dan kesadaran masing-masing individu untuk mengambil jalan yang terbaik bagi kesehatan kita bersama. Bila kita melakukan hal-halyang salah, penyakit tentu akan timbul pada diri kita, kita menjadi sangat lemah, sangat lamban, sanga sakit, dan semakin menderita. Sebaliknya, bila kita mengambil sikap yang benar, tentu kita akan semakin bertambah kuat, sehat, bugar, dan bersemangat.

Menerapkan gaya hidup sehat sebetulnya tidak memerlukan biaya yang terlalu mahal, yang terpenting adalah sejauh mana kemauan, disiplin, dan kesabaran kita. Gaya hidup sehat adalah bukan untuk orang lain, melainkan untuk Anda sendiri. Anda mungkin bisa mengalami salah satu penyakit diatas, tetapi kalau kita bisa mengenali dan memahami berbagai gejala yang timbul sejak dini, tentu Anda bisa menghindari dan mencegahnya sebelum penyakit tersebut menyerang Anda. Disinilah perlunya pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk tindakan preventif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar