Jumat, 25 Mei 2012

Prinsip Manajemen Organisasi III

Hai.. Hai.. Hai.. kembali lagi sama saya dalam lanjutan tulisan kemarin tentang prinsip manajemen organisasi. Bagaimana, apakah Anda sudah paham betul mengenai prinsip ini, ataukah ada di antara Anda yang sudah mempraktekan dua prinsip yang saya bahas kemarin? Good, it’s very good.




Kalau Anda sudah mulai mempraktekan apa yang saya ajarkan berarti Andalah orang sangat bersemangat sekali di kehidupan ini. Itu sangat bagus, karena saya yakin, Anda akan menjadi orang yang sangat sukses di kemudian hari. Keyakinan Anda adalah kunci Anda menuju keberhasilan.

Ade Defuture
ade defuture
Prinsip manajemen organisasi yang ketiga ini adalah  Actuating (Tindakan). Tindakan adalah perbuatan yang akan diambil oleh kita ketika merespon sesuatu hal. Tindakan adalah sebuah tantangan yang membutuhkan nyali sangat besar dalam sebuah organisasi.

Suatu ide, gagasan, atau perencanaan tidak akan berhasil jika tidak disertai tindakan nyata (Not Action Talk Only). Saya teringat salah satu pepatah lama “Perjalanan ribuan mil dimulai dengan satu langkah kecil..” Suatu kegiatan besar dimulai dari tindakan-tindakan kecil kita yang direncanakan sedemikian rupa dengan konsisten dan penuh kedisiplinan.

Langkah-langkah kecil yang kalian bangun, akan membawa Anda pada sebuah keberhasilan. Misalnya, anggaran dana kegiatan bakti sosial sebesar 8 Juta Rupiah, yang akan dimulai bulan ke-6 dari sekarang, akankah tercapai?? Dana tersebut tentu tidak akan tercapai jika tidak dimulai dengan satu langkah kecil di awal bulan sekarang dan seterusnya.

Kalau kita lalai, membuang-buang  waktu, dan menyia-nyiakan waktu dana tersebut tidak akan kita dapat. Actuating mengajarkan kita untuk bertindak dengan cepat, sigap, dan tanggap sebelum orang lain melakukannya.

Prinsip manajemen yang ke-4 adalah Controlling (Pengawasan). Anda sebagai pemimpin dalam sebuah organisasi, tahap ini sebetulnya tidak perlu dilakukan jika bawahan anda bertindak seperti yang Anda mau. Akan tetapi, pada umumnya hal tersebut  tidak selalu sesuai dengan yang kita harapkan. 

Kadangkala semangat orang bisa berubah seratus delapan puluh derajat karena sesuatu hal (Faktor X). Prinsip yang ke-4 perlu dilakukan untuk mengembalikan semangat juang mereka seperti semula. Jangan menyalahkan, jangan membuat kecewa, tapi bangkitkanlah semangatnya. 

Jadilah pendengar setia dikala mereka mau curhat sama Anda, jangan Anda menyetop pembicaraan mereka sebelum mereka berhenti bicara. Kalu Anda diminta pendapat berikan pendapat yang positif, karena hal itu yang akan membuat semangat mereka naik lagi. 

Setiap karakter manusia berbeda-beda, inilah yang membuat setiap orang itu unik. Life is beautiful, setiap manusia tidak ada yang sama, dalam diri mereka banyak bakat dan potensi yang beragam. Galilah potensi yang ada dalam diri bawahan Anda, jangan Anda menutup Kreatifitas mereka. Akan tetapi, bimbinglah mereka sesuai dengan bakat dan potensi yang dimiliki.

Sampai di sini perjalanan saya dalam menerapkan prinsip manajemen kepada Anda. Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran silakan Anda hubungi saya. Sebarkanlah oleh Anda tulisan ini agar generasi muda sekarang ini tumbuh dengan karakter kuat. 

Saya bisa menulis seperti ini karena Anda, saya bisa melakukan ini karena Anda juga. Kalau tidak ada Anda, saya tidak mungkin bisa menulis seperti ini. Terima kasih semoga hidup Anda bertambah sukses. Keep spirit alive...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar