Sabtu, 11 Agustus 2012

Khasiat dan Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

jahe
Siapa yang tidak tahu Jahe atau dalam istilah latin sering disebut Zingiber officinale, salah satu bumbu dapur penghilang bau amis. Jahe ini telah lama dikenal dan ditanam banyak petani karena manfaat dan khasiatnya yang cukup banyak. Referensi jahe ditemukan pada awal abad 11 dalam salah satu buku pengobatan yang terkenal, Anglo-saxon.

Jahe baik dalam kondisi segar atau pun telah dikeringkan sama baiknya, sama khasiatnya, namun substansinya berbeda. Menurut Tabloid Akhbar Persistri No.10 hal.14, edisi Januari 2009, Dalam Tradisi pengobatan Cina, Jahe segar sering disebut sheng-jiang, berkhasiat untuk menyembuhkan flu dan mual. Sementara Khasiat  Jahe Kering atau sering disebut gan-jiang untuk menyembuhkan sakit perut, batuk, diare, dan rematik.

Jahe : Photo by herbal.web.id
Di India, Jahe Segar berkhasiat untuk menyembuhkan mual, asma, batuk, sakit perut, jantung berdebar, kembung, gangguan pencernaan, hilang selera makan, dan remayik. Sementara dalam pengobatan modern, Jahe sangat efektif untuk mencegah bakteri, jamur, sawan, bisul, sekresi perut, tumor, kejang urat, dan alergi.

Nah, bagi yang memiliki salah satu penyakit diatas, silakan Anda mencoba salah satu obat tradisional ini. Biasanya saya sendiri merebus Jahe tersebut setelah dipotong tipis-tipis, dicampur dengan bahan rempah-rempah lain yang memang khasiatnya sama.

Misalnya saat saya sakit kembung setelah melakukan perjalanan jauh, mungkin karena masuk angin, saya biasa merebus Jahe dengan bawang putih. Dari satu liter air, rebus hingga jahe dan bawang putih meresap Setelah kurang lebih satu jam samapi tersisa air rebusannya segelas. Minum setelah air rebusan tersebut hangat, insyaalloh sakit kembung Anda hilang keesokan harinya. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar