Sabtu, 25 Agustus 2012

Obat Tradisional untuk Anak

Jika Anda sebagai orang tua, memiliki anak adalah hal terindah dalam hidup. Anak adalah buah hati, anak adalah dambaan, dan anak adalah anugrah serta nikmat Tuhan kepada manusia sebagai bentuk kasih saying-Nya. Memiliki, melatih, dan mendidik seorang anak untuk memiliki kecerdasan emosianal maupun spiritual memerlukan perjuangan dan perhatian ekstra dari orang tua mereka.

Perhatian ekstra ini pun tidak hanya dalam segi pendidikan saja, dalam segi kesehatan pun si anak perlu perhatian khusus dari para orang tua mereka agar memiliki daya tahan dan kekebalan tubuh yang baik terhadap perubahan lingkungan sekitarnya. Anak adalah sesosok mahluk mungil yang sangat rentan terhadap berbagai penyakit karena pengaruh lingkungan sekitarnya baik karena pengaruh bakteri, kuman, perubahan cuaca, dan kelembaban udara.
arfa
Berbagai macam obat untuk anak yang ditawarkan perusahaan farmasi, apotek, dan perusahaan lain yang sejenis mulai menjamur dipasaran. Bagaimana tidak, potensi bisnis ini sangat menjanjjikan. Dari mulai produk mainan, pakaian, sampai kepada obat-obatan khusus untuk anak memiliki daya jual yang tinggi di banding dengan produk sejenis tapi targetnya bukan untuk anak.

Produk kesehatan anak seperti pil yang telah diracik sedemikian rupa sehingga memiliki rasa yang manis, obat dalam bentuk botol syirup yang diolah dengan berbagai macam khasiat yang baik untuk anak, dan obat-obatan lainnya yang disesuaikan dengan lidah si anak memiliki daya tarik yang cukup jitu dalam menghipnotis para orang tua agar membeli produk tersebut.

Namun, Anda sebagai orang tua harus memiliki kehati-hatian dalam memilih produk kesehatan untuk sang buah hati. Menjamurnya produk-produk kesehatan merupakan hal yang baik bagi perkembangan anak-anak generasi penerus bangsa, tapi meskipun demikian Anda harus teliti dan selektif sebelum membeli. Obat tradisional pun tak kalah baiknya dibanding obat-obat yang beredar di pasaran. Saya punya beberapa tips pemakaian ramuan obat tradisional untuk mengatasi beberapa penyakit yang sering timbul pada anak, berikut uraiannya:

Penurun panas, batuk, dan pilek
Parut bawang merah, tambahkan minyak telon, lalu balurkan pada punggung sampai pantat sambil sedikit diurut. Juga pusar dan ubun-ubun. Untuk ramuan minum; air kelapa satu cangkir ditambah satu sendok teh madu, aduk lalu kukus. Setelah dingin, berikan pada anak sebanyak 3 sendok teh setiap 2 jam sekali. Ramuan ini diberikan untuk bayi 8 bulan ke atas.

Bila usia anak dibawah 8 bulan, cukup dengan pemberian ASI atau ibunya yang minum ramuan tersebut. Pada anak yang sudah besar (kurang lebih 5 tahun ke atas), gunakan ramuan minum berupa air kunyit dan madu setengah sampai satu ruas jari kunyit yang sudah dibakar, dikerik kulitnya, diparut, lalu diberi air matang setengah cangkir, peras kemudian diendapkan. Campur bagian air kunyit yang tanpa endapan dengan kocokan 1 butir kuning telur dan 1 sendok makan madu, kemudian disuapkan pada anak. Ramuan ini bisa untuk penurun panas seperti pada sakit cacar air, flu, dan batuk.

Perut kembung
Parut bawang merah dan tambahkan minyak telon. Kemudian tempelkan bawang yang sudah diparut tersebut di bagian pusar. Bisa juga, gunakan daun jarak kemudian hangatkan. Olesi dengan minyak kelapa, lalu tempelkan pada pusar si kecil.

Diare
Sediakan setengah jari kunyit yang sudah bersih dibakar, iris-iris sampai kecil, campurkan dengan 7 pucuk daun jambu biji, air dua gelas, dan garam seperempat sendok teh, kemudian rebus dengan api sedang. Minum airnya satu sendok teh satu jam sekali. Untuk mengusir gas, maka pusarnya diolesi dengan parutan bawang merah yang sudah diberi minyak telon. Untuk anak yang sudah besar, boleh dengan cara mengunyah halus pucuk daun jambu klutuk yang sudah bersih ditambah garam lalu ditelan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar