Senin, 06 Agustus 2012

Hati-hati Penipuan ibdyellowpages

Bandung, Mei 2011. Pada awalnya saya menerima tawaran dari pihak Indonesian Business Directory IBDYellow Pages untuk memasang iklan promosi Sekolah SMK di ibdYellowpages yang berkedudukan di Jakarta. Saya di datangi oleh seseorang (saya lupa namanya). Setelah dijelaskan secara detail, dan kebetulan katanya Cuma ada 2 sekolah yang mendapat harga promosi khusus, salah satunya sekolah yang ada di bekasi. Hal inilah yang membuat saya tertarik untuk  membuat persetujuan untuk memasang iklan sekitar 1/4 halaman dengan harga promosi sebesar Rp 295,000 saja tanpa ada biaya-biaya lain lagi.


Saya telah membayar lunas pembayaran tersebut berdasarkan perjanjjian awal sesuai kesepakatan bersama karena memang itu syarat yang diminta oleh orang tersebut. Semua berkas yang dibawa dia kemudian diperlihatkan kepada saya dan memang asli dari perusahaan. Maka dari itu saya mempercayainya. Berdasarkan perjanjian awal iklan akan dipasang mulai bulan April  2011 sampai April tahun depan.

Sesuai perjanjian awal setelah iklan dimuat, kami akan mendapatkan satu buku Yellow Pages. Dan setelah sekian lama saya tunggu, pada akhirnya tanggal 9 Mei 2011 kami baru didatangi oleh pihak ibdyellowpages namanya Imhakoni Jabatan Collection untuk memberikan buku tersebut. Tapi saya diminta membayar sisa tagihan sebesar Rp. 272,000 sebagai biaya desain iklan dan pencetakan buku, tidak bisa dibatalkan karena iklan telah dimuat.

Saya mulai bingung karena berdasarkan kwitansi dan perjanjian yang dijelaskan oleh orang pertama kali yang datang tidak ada biaya tagihan lain lagi karena semua telah dibayar lunas. Akan tetapi, dia menjelaskan bahwa uang yang telah kami bayarkan katanya hanya uang muka belum termasuk biaya lain, padahal desain iklan bukan dari pihak ibdyellowpages melainkan dari sekolah kami. Kami benar-benar merasa ditipu dan dirugikan karena orang yang pertamakali mendatangi kami tidak menjelaskan hal itu.

Bapak Imhakoni yang mendatangi kami itu memaksa kami  untuk membayar sisa tagihan. Namun, kami tetap bersikukuh dengan pendirian kami bahwa kami keberatan mengeluarkan uang untuk membayar sisa tagihan yang seharusnya itu adalah kesalahan mereka, sebab mereka tidak menjelaskan secara rinci dengan benar dan itu menurut saya adalah termasuk "penipuan."

Bagi para pembaca diharapkan ekstra hati-hati apabila didatangi orang-orang dari perusahaan ibdYellowpages yang bermulut manis, penuh tipu daya, dan memaksa. Perusahaan yang berkantor di Hayam Wuruk Plaza 4th Floor Blok F, Tower III, Jakarta 11160. Alamat email mereka hanyalah rekayasa, setelah saya cek ternyata emailnya tidak ada alias bohong. Saya harapkan kejadian seperti ini tidak lagi merugikan dan menimpa orang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar