Minggu, 12 Agustus 2012

Permasalahan dan Solusi seputar Insomnia

Tidur adalah kebutuhan manusia untuk rehat dari segala macam aktivitas keseharian. Tidur itu penting untuk mengembalikan kebugaran tubuh agar dapat kembali beraktivitas di keesokan hari. Berbagai upaya sering dilakukan untuk membuat orang dapat tidur nyenyak.

Upaya-upaya ini telah menjadi suatu bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan bagi beberapa perusahaan farmasi, Mereka memproduksi, menjual, dan menawarkan obat tidur nyenyak dalam berbagai bentuk kemasan (pil, tablet, sirup, dll). Bahkan bisnis bantal, kasur springbed, dan berbagai asesoris kamar tidur yang dirancang untuk membuat tidur yang nyaman pun menjadi lahan bisnis yang tak kalah menarik.



Jika Anda adalah orang yang selalu sibuk dan penuh aktivitas maka gangguan stres menjadi hal yang sering Anda alami. Semakin banyak Anda mengalami gangguan stress, tentu saja akan membuat tidur Anda jadi terganggu dan tidak nyenyak karena Anda dipenuhi banyak pikiran.

Insomnia memang sudah menjadi ciri manusia di kehidupan modern ini. Orang yang susah tidur sering dikenal dengan insomnia. Kalau kita susah tidur, konsentrasi pikiran kita akan mengalami penurunan drastis dan hal ini dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan dalam bekerja dan mengendarai mobil, makanya sering di berbagai media diberitakan 10 persen kecelakaan mobil atau motor disebabkan oleh kelalaian pengemudi yang terserang kantuk pada saat mengemudi.

Apabila Anda kurang tidur, atau tidur Anda kurang nyenyak, Anda akan merasakan berbagai keluhan-keluhan akibat insomnia sebagai berikut:
  1. Mudah marah dan sering terbawa emosi
  2. Menjadi tidak produktif karena daya tahan tubuh lemah
  3. Pekerjaan Anda menjadi terganggu
  4. Mudah gelisah dan sering cemas
  5. Wajah terlihat sayu dan tidak fresh
  6. Munculnya penyakit baru seperti penyakit jantung, diabetes, gangguan sendi, dll
  7. Mudah bertengkar dengan keluarga, kerabat, teman dekat, dan lingkungan sekitar
Bagaimana menyiasati tidur supaya tidur anda nyenyak? Berikut adalah beberapa cara agar Anda tidur nyenyak dan terhidar dari insomnia:
  1. Matikan semua peralatan elektronik Anda baik itu televisi, radio, dan laptop agar Anda berkonsentrasi tidur.
  2. Matikan lampu kamar tidur Anda karena suasana gelap akan merangsang Anda untuk lebih cepat tidur.
  3. Tidur harus disiplin dan tepat waktu karena tidur pada jam yang terus berubah dan tidak konsisten akan mengganggu kesehatan Anda.
  4. Jauhi obat-obat terlarang, minuman memabukan, dan psikotropika lainnya yang bisa menyebabkan tidur Anda menjadi terganggu.
  5. Teratur berolahraga di waktu pagi atau siang hari akan membuat Anda menjadi terasa ngantuk di malam hari karena capek habis berolahraga.
  6.  Minum obat kantuk tidak boleh sembarangan dan tidak boleh asal-asalan, harus konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
Sumber: de-future.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar