Kamis, 16 Agustus 2012

Permasalahan seputar Kencing dan Solusinya

Urusan kandung kemih kerapkali mengganggu kehidupan para orangtua. Bagi pria, masalah terletak pada pembesaran kelenjar prostat. Sedangkan pada wanita, keluhan tidak bisa menahan kencing paling banyak dijumpai. Istilah kedokteran untuk pembesaran kelenjar prostat adalah Benign Prostate Hypertrophy (BPH). Pada pria usia 60 tahun, sekitar 50 persen mengalami BPH. Bila usia Anda sudah mencapai 80 tahun, maka 90 persen pasti sudah terkena BPH. Pembesaran kelenjar prostat ini dimulai pada usia 50 tahun. Semakin bertambah usia, semakin banyak pria mengalaminya. Bila prostat membesar, bisa menyumbat saluran kencing di bagian bawah atau uretra (urethra), Anda akan mengalami sulit kencing.
 Keluhan-keluhan BPH bervariasi dari ringan hingga berat, antara lain:
  1. Kencing kurang deras
  2. Sukar memulai kencing
  3. Kencing tersendat-sendat
  4. Kencing tertahan kemudian keluar lagi
  5. Kencing berkali-kali terutama pada malam hari
  6. Habis kencing masih terasa ada sisa
  7. Kencing keluar darah
  8. Infeksi saluran kencing

Kalau Anda mengalami salah satu keluhan diatas, secepatnya Anda periksakan diri ke dokter. Bagi pria usia diatas 50 tahun, Anda sudah harus siap-siap menghadapi problem prostat ini. Selain usia, faktor lain yang akan turut memicu timbulnya BPH adalah:
  1. Faktor keturunan. Apabila ada seorang ayah yang terkena BPH, anaknya kelak akan lebih cepat mengalaminya.
  2. Faktor etnis. BPH pada orang Amerika dan Eropa lebih banyak daripada orang Asia.
  3. Faktor status pernikahan. Orang yang sudah menikah lebih banyak terkena kasus BPH daripada orang yang hidup sendirian.



Pembesaran prostat bisa ditimbulkan oleh infeksi prostatitis. Penyebabnya bisa virus, bakteri, jamur, atau protozoa. Infeksi yang berat bisa menyebabkan abses dan ada nanah di dalamnya. Antibiotika atau anti infeksi yang tepat bisa membasmi infeksi ini. Bila terjadi penyumbatan atau retensi urine, ada pendarahan atau batu yang tersumbat di kandung kemih, dokter spesialis urologi akan menawarkan tindakan bedah TURP, yaitu Transurethral Resection of the Prostate. Pembedahan ini mudah, efektif, dan keluhan bisa hilang dengan cepat. Masih ada cara lain untuk menghancurkan jaringan prostat yang berlebihan itu. Antara lain dengan pemanasan microwave therapy, Ultrasound wave, atau radio wave therapy, dengan arus listrik (electrical therapy), atau dengan sinar laser. Ada Makanan yang baik untuk menghambat pertumbuhan kanker prostat, antara lain: bawang putih, tomat, semangka, jambu biji, dan jeruk bali.

Beberapa hal bisa Anda lakukan, untuk menghambat pembesaran prostat, serta mengurangi keluhan BPH, yakni:
  1. Berhenti minum setelah jam 8 malam, terutama minuman bersoda. Minuman berkafein (soda) bersifat diuretic, kencing Anda akan menjadi lebih banyak.
  2. Jangan menahan kencing. Pergilah ke toilet lebih sering.
  3. Berhenti minum alkohol. Alkohol merangsang kandung kemih dan membuat kencing Anda makin banyak.
  4. Hindari obat-obatan tertentu. Contohnya adalah obat decongestant yang biasanya dipakai untuk mengobati pilek atau hidung buntu. Obat ini bisa menutup klep saluran kencing (urethral sphincter) dan menyebabkan Anda semakin sukar mengeluarkan kencing.
  5. Banyak menggerakan badan Anda supaya tetap aktif, misalnya dengan teratur berolahraga ringan.
  6. Jauhi udara dingin. Cuaca dingin membuat Anda semakin sering mengeluarkan kencing.


Mulailah dari sekarang untuk selalu hidup sehat for your better life and future

Sumber: (Hans Tandra, 2009)

Saran :

Jika anda mengalami permasalahan seputar kencing, ada satu alternatif penyembuhan. Anda coba minum bambu eul-eul, minuman sehat dan dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti kencing manis, pembesaran kelenjar prostat, dsb.



Banyak yang telah membuktikan khasiat bambu eul-eul, bahkan Presiden SBY pun pernah merasakan manfaat dan khasiat bambu eul-eul. Saya hanya menyarankan bukan untuk memaksa anda. Kita sudah berusaha maksimal untuk ikhtiar dan sebagainya, mudah-mudahan ada hasilnya, tentunya dengan pertolongan Allah SWT.

Dimana saya bisa mendapatkan Bambu eul-eul, di Bandung sudah banyak karena yang punyanya yaitu Adang Bambu adalah asli orang Bandung. Di apotik-apotik di wilayah Bandung sudah ada, coba saja minum bambu berkhasiat yang satu ini.

2 komentar:

  1. Terima kasih sudah berbagi informasi menarik dan bermanfaatnya
    Tetap semangat untuk share info yang lainnya!!!!

    BalasHapus
  2. terimakasih atas informasinya. Sangat bermanfaat. Semoga Allah membalas kebaikan ini.

    BalasHapus