Jumat, 17 Agustus 2012

Tertawa itu Baik dan Sehat

Banyak penelitian menunjukan bahwa ketawa adalah salah satu cara yang baik untuk mencegah terjadinya suatu penyakit, bahkan dengan ketawa bisa menghilangkan rasa sakit. Ketawa bisa mengurangi stress, menurunkan tekanan darah, serta memperbaiki fungsi sel otak dan menambah daya tahan tubuh. Studi di Universitas Nebraska melaporkan, ketawa adalah obat yang sangat manjur untuk mengurangi stress dan melenyapkan amarah, bahkan dapat mempersatukan keluarga untuk bersama-sama mencari jalan keluar serta memecahkan banyak masalah.


Bahkan para peneliti di South Carolina menemukan bahwa jika menonton lawak dan banyak tertawa, hormon endorfin bisa naik 27 persen, hormon pertumbuhan meningkat sampai 87 persen, orang menjadi tampil sangat sehat dan awet muda. Ahli jantung di Universitas Maryland juga sepakat dengan menyebutkan bahwa rasa humor pada pasien berperan untuk pencegahan penyakit jantung. 

arfa
Foto Arfa Kresna dengan bibinya
Sekarang tertawa telah dijadikan semacam obat. Bukti ilmiah menemukan bahwa tertawa itu berkhasiat. Tidak cukup hanya sekedar tertawa biasa, Anda harus tertawa terbahak-bahak, sampai terpingkal-pingkal. Otot-otot perut, dada, bahu, dan leher akan bergerak dan berlatih, pernapasan jadi lebih giat, jantung dipacu, paru-paru lebih mekar, sekat rongga badan lebih mengembang, serta peredaran darah tubuh menjadi lebih keras. Anak-anak bisa tertawa 400 kali dalam sehari, sedangkan usia lanjut hanya 15 kali.

Satu menit tertawa identik dengan relaksasi tubuh 40 menit. Lima belas menit tertawa setara dengan pembakaran 50 kalori, atau seperempat puluh kebutuhan kalori tubuh. Bila Anda tertawa, hormon endorfin akan dipacu, bahan tonikum alami ini membantu menghilangkan rasa sakit, mengurangi stress, dan membuat hidup jadi lebih bahagia.

Mark Twain berkata: Humor is mankind’s greatest blessing. Humor adalah berkat yang terbesar bagi manusia. Pepatah China mengatakan bahwa satu senyuman membuat hidup Anda lebih panjang 10 tahun. Ella Wheeler Wilcox menyebutkan bahwa ketika Anda tertawa, dunia ikut tertawa bersama Anda, tetapi bila Anda menangis, Anda akan menangis sendirian. Jadi, tertawa dan tertawalah karena tertawa itu sehat dan menyehatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar