Senin, 06 Agustus 2012

Tips Aman dan Nyaman Saat Mudik Lebaran

Tips aman dan nyaman saat mudik lebaran sudah menjadi hal yang penting dan perlu diutarakan kepada para pemudik. Tips aman dan nyaman saat mudik lebaran adalah beberapa hal penting yang perlu dilakukan, direncanakan, dipikirkan, dan dipersiapkan oleh para pemudik yang akan melakukan perjalanan jauh saat mudik ke kampung halamannya masing-masing. Tips aman dan nyaman saat mudik lebaran hanyalah beberapa tips sepele namun tetap harus diperhatikan lebih. simak deh tulisan berikut ini.


Mudik lebaran sudah tiba, setahun terasa begitu cepat berlalu kini saatnya pulang kampung. Mudik lebaran adalah kegiatan rutin tahunan msebagian masyarakat Indonesia yang bekerja di luar kampung halaman. Saat Mudik lebaran, saatnya kita mempersiapkan diri baik fisik maupun materi untuk berlibur di kampung halaman.



Mudik lebaran memang selalu memberi sejuta kisah baik suka maupun duka. Akan tetapi, sebagian besar para pemudik pasti mengalami sukacita yang sangat besar karena mereka bisa menikmati perayaan hari besar umat Islam di kamppung halamannya sendiri. Keinginan besar masyarakat dalam menyambut hari raya Idulfitri bersama keluarga itulah yang mendorong mereka untuk mudik ke kampung halamannya.

Mudik menjelang Lebaran sudah menjadi kegiatan rutin dan wajib bagi masyarakat muslim di Indonesia. Setelah hampir satu tahun bekerja, mencari nafkah di perkotaan untuk memenuhi kebutuhan keluarga di kampung halaman. Lebaran menjadi waktu yang tepat bagi sebagian pekerja di perkotaan untuk pulang kampung. Berkumpul dengan keluarga, sanak saudara dan menjalin tali silaturahmi setelah lama tak bersua. Merupakan kegiatan yang telah membudaya.

Jauh-jauh hari, Ribuan bahkan jutaan orang Indonesia pada bulan Ramadhan rela mengantri di stasiun kereta, di bandara, di terminal bus untuk bisa mendapatkan tiket mudik lebaran. Mudik Lebaran memang selalu membawa banyak korban jiwa entah itu karena padatnya antrian tiket kereta api, kecelakaan saat mudik akibat kelalaian pengemudi ataupun penumpang yang tidak mengikuti aturan. Berbagai masalah akan muncul jika kita tidak melakukan persiapan dan perencanaan yang matang saat mudik.

Berikut adalah beberapa tips aman dan nyaman saat mudik lebaran:

  1. Buat Perencanaan secara tertulis, buat list barang-barang apa saja yang sebaiknya dibawa sehingga kita tidak akan lupa
  2. Catat nomor-nomor telepon penting seperti nomor telepon polisi, nomor telepon saudara terdekat dengan lokasi yang akan dilewati. Jika terjadi sesuatu hal yang tidak kita harapkan, kita bisa menghubungi orang yang terdekat dengan Anda
  3. Sediakan makanan ringan dan minuman selama diperjalanan, untuk menghindari rasa lapar saat di jalan, dan atau menghindari keseringan berhenti karena bisa mengundang orang lain untuk melakukan kejahatan sama kita.
  4. Perhatikan Jarak yang akan kita tempuh, seandainya jarak tempuh perjalanan Anda berhari-hari, sediakan supir pengganti. Untuk menghindari kelalaian pengemudi karena kecapean
  5. Cari informasi di televisi mengenai posko-posko mudik lebaran. Gunakan jalur mudik yang aman dan selalu ada posko mudik di setiap tempat, karena jalur rawan kadang menjadi pemicu terjadinya perampokan dan kejahatan.
  6. Catat alamat penting seperti kantor polisi, pom bensin, rumah sakit, dan fasilitas publik lain dalam jalur mudik yang akan dilewati.
  7. Berdoalah sebelum dan sesudah Anda melakukan mudik lebaran, Selamat Mudik!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar