Jumat, 10 Agustus 2012

Tips Berpuasa di Bulan Ramadhan

Tips berpuasa di bulan Ramadhan disajikan agar kita senantiasa diberi kekuatan untuk menjalani salah satu ibadah suci yang hanya satu bulan sekali dalam satu tahun.Seringkali kita tidak sadar kalau bulan ini adalah bulan puasa. Puasa adalah saat yang tepat untuk membersihkan diri, mensucikan hati, dan beramal yang banyak. Puasa di Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini adalah moment bagi umat Islam untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

Berpuasa di Bulan Ramadhan  berdampak positif bagi kesehatan. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan kuat saat menjalani puasa di Bulan Ramadhan. Berikut beberapa tips sehat dan aman saat menjalani puasa Anda:





  1. Perbanyak minum air putih sebelum sahur dan setelah berbuka agar tidak mengalami dehidrasi. Bulan Ramadhan identik dengan teriknya sinar matahari. Kebutuhan hidrasi tubuh adalah sekitar delapan gelas sehari.
  2. Makanlah makanan yang bergizi. Disarankan saat berbuka, dahulukan makanan yang manis, buah-buahan, dan atau kue. Jangan terlalu kekenyangan, karena akan menghambat kegiatan kita untuk shalat tarawih.
  3. Berbukalah secukupnya. Mulailah dengan sup buah, kolak, atau makanan pembuka lain. Tunggu sekitar 10-30 menit, Anda bisa gunakan waktu tersebut untuk shalat maghrib. Barulah Anda diperbolehkan makan besar.
  4. Saat sahur, makanlah buah-buahan yang lama dicerna tubuh untuk kebutuhan vitamin dan karbohidrat seperti nasi goreng  dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa. 
  5. Waktu makan sahur lebih disarankan mendekati saat imsak.
  6. Jika sempat, tidurlah di awal siang satu atau dua jam sehari untuk mengumpulkan energi. Hindari terik sinar matahari yang bisa menimbulkan dehidrasi.
  7. Jangan berolahraga terlalu keras selama bulan Ramadhan. Dianjurkan untuk berolahraga yang ringan-ringan saja sebelum saat berbuka.
  8. Bagi penderita diabetes  harus teratur mengontrol kadar  gula darah mereka sesuai anjuran medis.

Selamat berpuasa, semoga Anda diberi kekuatan lahir dan bathin untuk menjalaninya. Jagalah kesehatan Anda selama berpuasa. Tidak ada kebahagiaan yang terindah selain bersyukur atas segala kenikmatan dari Tuhan, salah satunya adalah nikmat sehat jasmani dan rohani. Bulan Ramadhan, adalah bulan penuh berkah. Waktunya bagi kita untuk beribadah dengan sungguh-sungguh.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar