Jumat, 28 September 2012

Peningkatan Jemaah Haji Indonesia

Dalam Agama Islam terdapat dua hari raya atau hari besar, yaitu Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha (Idul Qurban). Hari raya idul fitri jatuh pada tanggal 1 Syawal di tahun Hijriah (Penanggalan Islam). Hari raya ini seringkali disebut sebagai Hari Kemenangan setelah seluruh umat Muslim di dunia menjalankan ibadah puasa selama tiga puluh hari lamanya.

Hari Raya Idul Adha seringkali disebut dengan musim Haji atau musim kurban, yaitu hari dimana umat muslim yang memiliki kemampuan materi lebih dan kemampuan jasmani diwajibkan menjalankan salah satu rukun Islam yang ke lima yaitu Ibadah Haji ke tanah suci Mekah. Bagi yang tidak bisa melaksanakan ibadah Haji, umat muslim yang mampu bisa menyembelih binatang ternak untuk dibagikan kepada fakir miskin sebagai bukti kepatuhan kepada Alloh SWT.



Hampir setiap tahun, musim Haji yang jatuh pada tanggal 10 dzulhijah penanggalan islam, ratusan juta umat Muslim di seluruh dunia pergi berbondong-bondong ke tanah suci Mekah untuk menjalankan salah satu perintah Alloh SWT. Ini membuktikan bahwa umat muslim semakin banyak yang kaya terutama di Indonesia. Hanya orang-orang yang berkecukupanlah yang memiliki kemampuan pergi ke tanah suci, jangan heran kalau biaya pergi ke tanah suci Mekah setidaknya butuh sekitar 45-70 Juta Rupiah. Untuk ukuran masyarakat menengah ke bawah mungkin sangat sulit pada umumnya.

Namun, setiap tahun bisa kita cermati, terjadi peningkatan Jemaah haji Indonesia. Alhamdulillah setidaknya semakin banyak umat muslim yang penghasilannya semakin meningkat. Seiring dengan peningkatan Jemaah haji Indonesia setiap tahunnya. Saya mendengar banyak kabar entah itu dari berita televisI ataupun surat kabar menginformasikan bahwa untuk mendaftar haji sekarang ngantri. Belum tentu seseorang mendaftar haji tahun ini kebagian tahun ini juga karena semakin banyaknya umat muslim yang berminat untuk melaksanakan ibadah haji. Ini adalah kabar gembira buat umat muslim di Indonesia karena sekarang banyak umat muslim yang berkecukupan, banyak umat muslim yang memiliki niat tulus untuk beribadah haji, setidaknya niat mereka untuk menjadi Haji Mabrur bisa mengangkat derajat seluruh umat muslim di dunia terutama di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar