Kamis, 08 November 2012

Promosi Sekolah Bagian I

Promosi adalah bagian penting dari suatu pemasaran. Sebuah perusahaan akan maju jika produk/jasanya dikenal luas masyarakat umum, berkualitas, terjangkau, dan sangat bermanfaat bagi kehidupan. Sama halnya dengan pendidikan. Sekolah pun perlu strategi promosi yang jitu agar dikenal luas masyarakat dari segi kualitas pendidikannya.






Betapa beruntungnya kita kalau kita mengabdi di salah satu sekolah negeri atau pemerintahan. Bagaimana tidak, kita tidak akan dipusingkan dengan kewajiban untuk mempromosikan sekolah karena siswa akan datang sendiri pada saat penerimaan siswa baru dimulai. Kita tidak akan dipusingkan dengan biaya promosi iklan lewat spanduk, brosur, dan lain-lain karena mindset siswa dan orangtua saat ini sekolah negeri itu lebih berkualitas.

Kita tidak akan dipusingkan dengan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pengadaan fasilitas dan prasarana pendidikan seperti pengadaan bangku atau kursi kosong karena semua biaya ditanggung pemerintah. Beda halnya dengan swasta, setiap tahun sekolah swasta harus berfikir keras untuk menjaring banyak siswa.

Kampus Almarwah

Setiap tahun sekolah swasta berusaha mempertahankan jumlah siswa yang masuk. Hal ini dikarenakan sumber dana yang dimiliki sekolah swasta berasal dari pembiayaan keuangan siswa artinya semakin banyak jumlah siswa yang masuk, dana yang diperoleh sekolah akan semakin besar. Akan tetapi, jika jumlah siswa sedikit, dana yang dimiliki juga sedikit bayangkan jika pemasukan sedikit, gaji pegawai dan guru yang akan diterima pun pasti kecil jumlahnya.

Banyak sedikitnya siswa yang masuk ke sekolah swasta, akan mempengaruhi kemampuan sekolah dalam hal pembiayaan gaji, pembiayaan sarana dan fasilitas sekolah, serta pembiayaan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar