Jumat, 07 Desember 2012

Shalat Jumat Terapi Ampuh Insomnia


Pernah ngantuk saat Anda mengikuti khutbah jumat? Pasti jawabannya pernah atau sering. Ketiduran selagi jumatan memang pemandangan yang tidak aneh. Dimana pun kalau kita melihat masyarakat muslim yang sedang mengikuti khutbah jumat, selalu saja ada yang terlihat tidur pulas, mengantuk, atau mendengkur.


Bahkan saya sendiri pun sering merasakan ngantuk yang sangat ketika khutbah jumat berlangsung. Sangat nikmat sekali rasanya tertidur ketika khutbah jumat. Tepat sekali kalau teman saya yang bernama Joe Alfaraby mengatakan Shalat Jumat itu adalah terapi mujarab atau terapi ampuh buat Insomnia.
ceramah
Jauh diluar pemahaman agama, buat anda yang susah tidur di malam hari, yang memiliki problem penyakit seperti ini shalat jumat adalah terapi mujarab dan sangat ampuh untuk para Insomniac. Waktu ibadah jumat normalnya adalah 30-40 menit. Waktu ceramah sekitar 15-20 menit. Kadangkala kita tertidur sekitar 5-10 menit selagi ceramah berlangsung. Bahkan ada juga yang tertidur sampai selesai ceramah.

Kenapa bisa seperti itu? Jawabannya pasti sudah tidak asing lagi, berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan rasa ngantuk menghinggapi seorang muslim ketika mengikuti khutbah jumat:

  1. Begadang, sering begadang membuat tubuh anda lemas sepanjang hari, bawaannya ngantuk terus pun selagi bekerja atau tidak.
  2. Perut kosong belum sarapan pagi untuk beraktivitas perlu energi, kalau tubuh kita kosong tubuh menjadi lemas dan ngantuk.
  3. Kelelahan sehabis kerja, pekerjaan numpuk di pagi hari menguras tenaga anda, kalau tidak ada asupan energi tambahan tentu tubuh akan lemas dan mengantuk.
  4. Isi ceramah yang kurang menarik, faktor isi dan karakter suara penceramah pun bisa mempengaruhi menarik tidaknya khutbah yang disampaikan. Kalau isi ceramah kurang bagus, suara penceramah yang tidak lantang dapat memicu rasa ngantuk. 

Sepengetahuan saya, dari segi Hukum Agama Islam mengenai pahala Jumat, tertidur saat khutbah jumat adalah salah satu hal yang menghilangkan pahala ibadah jumat. Terlepas dari sah atau tidaknya shalat jumat kita, mudah-mudahan amal ibadah jumat yang telah dan akan kita lakukan mendapatkan balasan yang terbaik dari Allah SWT. Amiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar