Selasa, 07 Mei 2013

Kesiapan Mudik Lebaran 2013

Bagaimana kesiapan mudik lebaran anda? Sudah sejauh mana anda mempersiapkan mudik lebaran? Apakah anda sudah siap pulang kampung? Bagaimanapun juga saat mudik lebaran tiba, persiapan matang baik itu fisik, materi, kendaraan mudik harus sudah anda persiapkan sejak dini untuk menanggulangi hal-hal yang bisa mengganggu nikmatnya perayaan hari lebaran bersama keluarga.

Hari Besar Umat Islam yang jatuh sekitar tanggal 8-9 Agustus 2013 ternyata sebentar lagi, tidak terasa waktu berjalan dengan cepat. Kalau dihitung-hitung tinggal 90 hari lagi. Bagaimana kesiapan Anda untuk menghadapi hari Lebaran nanti?



Setiap tahun Mudik (Pulang Kampung) akan selalu mewarnai hari raya Lebaran. Jutaan masyarakat Indonesia yang bekerja di luar kampung halamannya, pada hari Lebaran nanti mereka akan kembali ke kampung halaman dan berkumpul dengan keluarga masing-masing.

Spanduk Kereta Api
Spanduk yang terpampang di area parkir
stasiun KA Kiaracondong, Bandung
Menjelang mudik lebaran, banyak hal yang harus anda persiapkan, kesiapan lahir maupun bathin, kesiapan kendaraan yang akan dipakai untuk mudik, kesiapan finansial juga, dan lain-lain.

Mobil KTP
Pengawasan dinas kependudukan di stasiun
Kiaracondong, Bandung, Agustus 2012
Saat arus balik (H+9)
Nah, bagi Anda yang sering mudik dengan Kereta Api, ada berita terbaru loh dari PT. KAI  seperti diberitakan Harian Umum Pikiran Rakyat hari ini. PT. KAI telah menginformasikan bahwa angkutan lebaran tahun 2013 sudah bisa dipesan dari sejak empat hari yang lalu (3/5/2013).

Bagi yang mau mudik pakai Kereta Api, silakan pesen tiketnya dari sekarang, tapi jangan sampai lupa membawa kartu identitas diri (KTP). Banyak kejadian sepele yang seringkali kita lupa, sudah jauh-jauh datang ke stasiun,terus ngantri lama, tapi KTP lupa dibawa walhasil kita pun harus balik lagi bawa KTP dan antri lagi dari awal.

 Dan kalau pesen tiket di stasiun kereta itu sudah biasa pasti ngantrinya lama bahkan bisa berjam-jam loh. Saya sendiri sering mengalaminya, karena kebetulan istri saya orang jawa, kebumen tepatnya. Saya pernah alami pesen tiket ngantrinya dari jam 5 subuh, dapetnya jam 4 sore. Kebayang kan gimana capeknya, bahkan tak jarang seringkali banyak yang pingsan gara-gara ngantri tiket kereta.

Ada baiknya kalau pesan tiket jauh-jauh hari, dan kalau enggak mau ribet ngantri, pesannya di outlet-outlet yang sudah bekerjasama dengan PT.KAI seperti Alfamart, Indomaret, dll. Meskipun harganya beda dikit, yah pasti naik 3 s.d 5 ribuanlah naiknya. Daripada ngantri di stasiun lebih baik pesennya ditempat lain yang gak perlu ngantri lama.

Pengalaman saya, mudik lebaran tahun lalu saya sempat ketinggalan kereta karena salah liat jam keberangkatan kereta. Karena kesibukan saya bekerja, untuk pesen tiket saya percayakan kepada adik ipar yang kebetulan tinggalnya dekat stasiun.

Perubahan dari kebijakan baru PT. KAI yang mengharuskan pesen tiket harus bawa KTP sendiri dan jatah pesen tiket, satu orang hanya dua tiket saja. Karena KTP di saya, bukan di adik ipar, akhirnya saya gagal beli tiket.

Tapi, pas dua minggu sebelum keberangkatan, 3 minggu lagi mau lebaran ternyata ada yang nawarin ke adik ipar saya tiket untuk keberangkatan malam tanggal 13 Agustus 2012. Saya setuju beli, karena tiket tersebut masih pake nama orang lain, dua hari sebelum keberangkatan saya datang ke stasiun untuk balik nama tiket.

Singkat cerita, dua hari sebelum berangkat tiket saya simpan di tempat adik ipar saya. Biasannya setelah seringkali naik kereta malam. Saya selalu berangkat ke Jawa jam 9.30 wib memakai KA Kutojayaselatan.
Karena saya terbiasa berangkat jam 9.30 wib, saya pun tenang-tenang saja, sampai di kosan tempat adik jam 8.00wib, berangkat ke stasiun jam 9.00 wib. Ketika sampai di tempat pengecekan tiket, satpam nya bilang “Maaf Pak! Anda terlambat, kereta anda sudah berangkat satu jam yang lalu.”

Akhirnya saya langsung berangkat ke Terminal Cicaheum, saya langsung pesan tiket Bus, yang harganya jauh lebih mahal dari tiket KA. Karena malam sudah tidak ada yang beroperasi, jadwal keberangkatan Bus-nya siang jam 10.00 WIB.

Selintas saya tidak percaya, kemudian saya cek lagi tiketnya, waduuh iya yah.. seharusnya saya berangkat jam 8.15 wib. Kesalahan sepele dan kecil, hanya lupa mengecek tiket. Tapi kesalahannya patal. Mudah-mudahan ini tidak kejadian sama Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar