Sabtu, 04 Mei 2013

Momen Tepat Berinvestasi Emas


Secara Ritel sekarang ini adalah momen yang tepat untuk membeli emas. Akan tetapi, kalau untuk Investasi melalui pasar modal momennya tidak tepat. Tunggu saja sampai berada di posisi terendahnya
Begitulan ucapan yang terlontar dari Vice President dan analis PT. Valbury Asia Futures, Nico Omer Jockheere dalam wawancara dengan wartawan harian umum Pikiran Rakyat melalui berita Ekonomi dan Bisnis hari kemarin (3/5/2013).




Hilda
Tren fluktuasi harga emas memang seringkali terjadi setiap tahunnya khusus di bulan Januari sampai dengan April. Dalam beberapa minggu terakhr, harga jual emas mengalami tren penurunan yang cukup menukik tajam.

Sesi perdagangan emas pekan lalu seperti diberitakan oleh harian umum Pikiran Rakyat tanggal 3/5/2013, harga jual emas berada di kisaran harga 1,365 Dollar AS per troy ons. Dan pada hari selasa malamnya, harga jual emas menguat di level harga 1,470 Dollar AS.

Menurut Nico Omer Jockheere, harga jual emas berpotensi mengalami tren penurunan sampai di level harga 1,287 dollar AS, dan bahkan menurut beliau bisa turun lagi sampai ke level harga 1,000 dollar AS per troy ons.

Harga emas seperti emas batangan atau logam mulia sangat terpengaruh oleh fluktuasi harga emas dunia dan fluktuasi nilai tukar. Di Indonesia, harga emas sangat dipengaruhi oleh pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat.

Nico Omer Jockheere menilai, perlu waktu yang cukup lama untuk kembali menstabilkan harga emas di pasaran, “kemungkinannya 4-5 tahun mendatang, harga emas bisa stabil dan bisa sampai di kisaran harga 8,000 dollar AS per troy ons, atau naik sekitar 100-200 dollar AS per troy ons setiap harinya.”

Nah, bagi Anda yang memiliki sedikit modal atau yang lagi bingung mikirin investasi yang tepat untuk sekarang ini. Investasi emas adalah solusi yang tepat untuk saat ini. Akan tetapi, investasi Ritel seperti berinvestasi di emas batangan atau logam mulia, bukan investasi di pasar modal karena tren-nya masih menurun dan timing-nya kurang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar