Jumat, 03 Mei 2013

Peta Kekuatan Klub Sepak Bola Eropa 2013, Who is The Best?

Melihat peta kekuatan Klub-klub sepak bola Eropa saat ini, kehadiran 2 klub Bundesliga Jerman di ajang semifinal Liga Champions Eropa semakin menguatkan persepsi bahwa peta kekuatan Eropa mulai bergeser.


Fakta membuktikan bahwa dalam lima tahun terakhir, klub Spanyol sangat mendominasi kancah persepakbolaan Eropa. Peta kekuatan sepak bola Eropa di pegang oleh Spanyol, buktinya Timnas Spanyol selain menjuarai Piala Eropa, mereka juga juara dunia.

Ditubuh Timnas Spanyol, sebagian besar pemain intinya berasal dari 2 klub Spanyol, Barcelona dan Real Madrid. Kalau selama ini Barcelona dan Real Madrid merajai sepak bola Eropa di ajang Liga Champions, itu adalah hal yang wajar, kita pun pasti menganggapnya biasa-biasa saja.

Akan tetapi, ketika dominasi klub spanyol dikejutkan oleh pola permainan  dua klub Jerman, Borussia Dortmund dan Bayern Muenchen kemarin. Komunitas sepak bola seakan-akan tidak percaya bagaimana mungkin Bayern menang telak 4-0 melawan Barca? Atau kok bisa Madrid kalah 1-4 dari Dortmund?

Mungkin saja, karena pertandingan pada leg pertama memang dilangsungkan di kandang klub Jerman. Bagaimana kalau pada leg pertama di adakannya di kandang Spanyol, tentu hasilnya akan lain. Akan tetapi, realita dan fakta memang seperti itu, tidak akan ada yang tau dan bisa memprediksi hasil suatu pertandingan.

Tapi, satu hal yang pasti, peta kekuatan sepak bola mulai mengalami perubahan. Yang kita ketahui, dominasi selalu dipegang klub asal negeri matador dan klub asal negeri Ratu Elizabeth. Klub asal Jerman mulai menggeliat dan mulai diperhitungkan kekuatannya di kancah Eropa.

Bagaimana dengan klub asal Inggris? Para pencinta bola pun mempertanyakan potensi kekuatan klub-klub asal kota London, Inggris. Bagaimana tidak, musim ini tak ada satu pun dari klub-klub Liga Inggris yang lolos ke “babak 16 besar.” Tahun lalu, dari empat klub Inggris yang melaju melewati fase “16 besar” hanya Chelsea.

Apakah kekuatan Bundesliga Jerman sekarang berada diatas Spanyol? Saya kira belum, karena belum teruji sepenuhnya dikancah Piala Eropa maupun Piala Dunia. Tapi kalau dibandingkan dengan klub-klub Inggris. Untuk saat ini Jerman berada diatas kekuatan sepak bola Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar