Senin, 03 Juni 2013

Cerita Malin Kundang

Kalau di Amrik sana kita tahu ada patung liberty yang sangat kokoh, raksasa, dan besar sekali. Patung liberty itu enggak tahu juga sih asal mula ceritanya dari mana. Yang jelas bagi orang awam seperti kita nih, patung liberty tu ada sejarahnya loh.

Kalau di Indonesia kita pasti tahu kan Malin Kundang, cerita dari pulau Sumatera. Cerita minangkabau kalau enggak salah sih. Cerita Malin Kundang pasti sudah enggak asing lagi ditelinga kita, apalagi waktu sd nih, cerita ini sering di dongengkan oleh bu guru.

Suasana daerah wisata danau Situ Patengan, Ciwidey
Yah kalau di Indonesia, cerita Malin Kundang ini berkisah tentang seorang anak yang durhaka kepada seorang Ibunya. Anak tersebut adalah laki-laki bernama Malin Kundang yang merantau ke luar pulau, mengadu nasib, setelah berpuluh tahun meninggalkan tanah kelahirannya.

Ternyata nasib Malin Kundang sangat baik, dia menjadi saudagar kaya di tempat perantauan. Namun, kekayaan telah membutakan mata dan hati Malin sehingga dia sombong dan angkuh. Kesombongan dan keangkuhannya itulah yang membuat Malin Kundang tidak mau mengakui Ibunya yang miskin.

Kekayaan dan keberhasilan Malin Kundang tidak terlepas dari doa sang Ibunya yang setiap hari selalu mendoakan Malin Kundang saat merantau. Akan tetapi, si Malin Kundang sangat sombong dan dia merasa keberhasilan yang dia raih adalah semata-mata karena karena perjuangan dia sendiri.

Singkat cerita, karena kelakuannya yang telah melampaui batas dengan tidak mengakui sang Bunda sebagai Ibunya, akhirnya Malin dikutuk menjadi batu. Maka malin pun berubah menjadi Patung karena kedurhakaan Malin terhadap Ibunya.

Percaya atau tidak itu hanyalah sebuah mitos, akan tetapi, cerita ini mengajarkan sesuatu yang positif kepada diri kita agar selalu rendah hati dan tidak mendurhakai ke-dua orang tua. Karen doa yang paling mujarab adalah doa orang tua kita.

Trus kenapa saya menulis di awal tentang Patung Liberty? Ada apa dengan Patung Liberty? Emang ada hubungannya dengan cerita Malin Kundang? Konon katanya Patung Liberty itu ada ceritanya loh, ada asal usul sejarahnya kenapa Patung Liberty muncul di Amerika Sana.

Ada hubungannya dengan Indonesia, kata cerita dalam video drama di bawah ini sih ada hubungannya dengan Negara Indonesia. Apa sih hubungannya? Jangan-jangan cumin ngarang saja. Emang ngarang ko, namanya juga contoh drama sejarah patung liberty? Bukan untuk dipercayai dengan hati dan ucapan, bukan untuk di benarkan secara logis, dan bukan untuk dijadikan mitos.


Cukup untuk dinikmati saja karena video drama sejarah patung liberty kali ini adalah tontonan hiburan semata. Simak aja deh video dramanya berikut ini.

1 komentar:

  1. bener banget gan, nyata atau tidaknya cerita ini yang penting bisa diambil pembelajarannya :)

    BalasHapus