Kamis, 13 Juni 2013

Kelebihan Dari Kekurangan

Hallo sahabat blogger, kali ini saya akan menulis tentang kelebihan dari kekurangan, maksudnya apa sih gue enggak ngerti? Tahu enggak difabel yang asalnya adalah istilah asing dari difable. Difabel itu bisa diartikan orang yang memiliki perbedaan kemampuan dari manusia pada umumnya. Apakah dia penderita cacat mental? Bisa. Yang jelas difabel itu istilah halus untuk orang yang memiliki kekurangan.



Semua anak bangsa berhak mendapatkan pendidikan yang layak tanpa terkecuali seperti anak didik yang memiliki kekurangan fisik, cacat mental, dan atau kekurangan lainnya yang diistilahkan sekarang ini namanya Difabel. Mereka berhak mendapatkan cinta dan kasih sayang semua orang, mereka berhak mendapatkan perlakuan yang sama dari masyarakat.

Seperti anak didik saya yang satu ini, namanya Arif Rahman Permana. Dia adalah anak difabel dari sejak kecil. Orang tuanya Bpk. H. Nana adalah pengusaha kredit Perabotan Rumah tangga yang sangat maju. Namun, mereka mendapatkan ujian dan cobaan karena memiliki anak difabel.

Akan tetapi, bagi mereka, cobaan, rintangan, serta ujian mereka jalani dengan tulus ikhlas dan memasrahkan semuanya kepada Allah SWT. Alhamdulillah Arif tumbuh dan berkembang menjadi anak yang baik, sholeh dan pintar.

Orang tua mereka enggan menyekolahkan Arif ke SLB karena mereka punya keyakinan suatu saat Arif pasti bisa sembuh total dari Difabelnya. Mereka pingin menyekolahkan Arif ke sekolah-sekolah biasa saja, karena mereka yakin Arif bisa beradaptasi meskipun Orang tuanya butuh ekstra keras untuk mendidik sang anak.

Hampir semua sekolah banyak yang menolak Arif, karena Arif bukan anak yang normal, dia menderita difabel. Tapi, bagi kami, sekolah Almarwah mau menampung Arif. Kenapa kita mau menerima dan menampung Arif sebagai murid? Karena kita yakin kalau kita menerima orang seperti Arif itu adalah pembawa rezeki buat sekolah.

Wallahua’lam bissawab, tapi keterkaitan anak didik, guru, lingkungan sekolah itu pasti ada. Dan sebagai buktinya, sekolah almarwah sekarang ini sudah memiliki gedung perputakaan baru, ruangan Lab IPA untuk SMA, dan gedung SMK baru selama Arif sekolah di sini. Apakah itu ada kaitannya? Wallahua’lam yah. Tapi kita harus percaya akan hal itu. Selama kita percaya, maka Tuhan pasti memberikan kelebihan-kelebihan yang tidak kita ketahui di depan.

Memang guru-guru sering menghadapi berbagai hambatan dan kesulitan dalam mendidik dan mengajarkan anak yang satu ini. Akan tetapi, niat awal kita ibadah maka siapapun anak didik yang kita ajarkan harus diperlakukan sama. Landasan pendidikan, dasar pendidikan itu adalah kasih sayang. Kalau kita sudah menanamkan kasih sayang maka seberat apapun proses mengajar insyaallah akan mudah.

Arif adalah salah satu siswa SMK Almarwah, dia sangat pintar soal IT. Meskipun dia difabel, tapi bagi sekolah kami dia adalah anugerah terindah yang pernah kami miliki. Sudah saatnya tiap sekolah baik swasta maupun negeri menerima dan membukakan pintu untuk anak-anak seperti Arif ini.

Kalau Arif masuk ke sekolah berkebutuhan khusus, perjuangan dan proses untuk hidup normal seperti siswa lain pada umumnya mungkin tidak secepat dia di sekolah umum karena dia berinteraksi sosial bukan dengan sesama teman yang normal. Sudah saatnya kita membantu kekurangan mereka, karena mereka pun ternyata memiliki kemampuan lebih dan bisa berprestasi.

Apa saja sih prestasi Arif Rahman Permana ini:

  1. Juara ke-3 penjualan terbanyak Garudafood yang diadakan Garudafood bekerjasama dengan sekolah SMK Almarwah


  2. Juara ke-3 Penjualan Terbanyak Sabun Vascali

Seperti Arif ini, kalau dia ditanya tentang dunia Sepak Bola, dunia olahraga, dunia IT, dan internet pasti dia lebih tau dibanding orang lain. Sperti salah satu video di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar