Jumat, 21 Juni 2013

Produk Kosmetika Berbahaya

Andakah wanita tercantik di dunia? Apakah anda merasa tampil cantik hari ini? Tampil cantik, ayu, dan seksi bagi seorang wanita di jaman sekarang adalah suatu keharusan karena mereka adalah wanita karir, wanita pekerja keras, dan wanita yang selalu tampil di depan publik.

Bagi wanita yang merasa diri dari sejak lahir sudah cantik harus banyak bersyukur kepada Tuhan pemberi keindahan dan kecantikan. Bagi anda yang merasa diri memiliki wajah atau penampilan ala kadarnya enggak usah khawatir, jaman sekarang nih sudah banyak produk dan alat-alat kosmetika yang bisa merubah (Make Over) wajah anda menjadi cantik dan seksi.

Malia Alfi Nurgina : Kecantikan Alami
Jaman sekarang apa sih yang enggak bisa, semuanya sudah tersedia cuman kita punya duit enggak buat beli alat-alat kosmetika yang memang harganya lumayan. Kalau anda punya pacar kaya, manfaatin aja pacar anda, kalau anda bisa tampil cantik kan pacar enggak akan kabur atau lari, yang ada malah tambah cinta dan sayang.

Namun, bagi anda yang sering atau terbiasa memakai alat kecantikan harus berhati-hati, jangan salah memilih produk kosmetik karena bisa membahayakan. Membahayakan kesehatan, kandungan janin, kemandulan, kanker, kerusakan ginjal, kerusakan pigmen kulit, iritasi pada kulit, dan lebih parah lagi bisa membuat anda menjadi cacat.

Seperti diberitakan Harian Umum Pikiran rakyat kemarin (20/6/2013), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan public warning, terkait adanya 17 produk kosmetika berbahaya karena mengandung bahan pemutih seperti pada gambar diatas.

Bahan-bahan dalam produk kosmetika tersebut dinyatakan membahayakan seperti merkuri, hidrokinon, asam retinoat, dan resorsinol. Public warnig dari badan POM  tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan drg Hanung Wikantono Selasa kemarin berdasarkan surat edaran dari Balai Besar POM Semarang No. HM 03.03.955.05.13.2227.1 tanggal 31 Mei 2013.

Hanung mengatakan kepada PR, pemakaian alat kosmetika yang mengandungmerkuri dapat memperlambat pertumbuhan janin, mengakibatkan keguguran, dan kemandulan. 

17 Produk Kosmetika yang mengandung bahan-bahan
Kimia yang berbahaya bagi organ tubuh wanita
Sumber : H.U Pikiran Rakyat 20/06 2013
Pemakaian kosmetika pada mulanya seolah membuat flek hitam di wajah memudar, padahal bila pemakaiannya dihentikan, flek tersebut akan timbul lagi dan malah bertambah parah, wajah justru menjadi semakin gelap dan kusam. Namun bahayanya lagi, kalau dipakai terus menerus bisa mengakibatkan kanker dan kerusakan pada ginjal.

Kandungan hidrokinon, asam retinoat dan resorsinol juga sama berbahayanya seperti merkuri. Akibat alat kosmetika yang mengandung hidrokinon adalah timbulnya iritasi pada kulit sehingga kulit mudah terbakar. Kandungan kimia berbahaya seperti diatas disebutkan juga bisa menyebabkan hiperpigmentasi atau kebalikannya pigmen kulit justru hilang sehingga muncul bercak-bercak seperti panu.

Kandungan bahan-bahan kimia yang berbahaya diatas  juga bisa mengakibakan kecacatan seperti bibir sumbing, celah kelopak mata menyatu, defisiensi lubang hidung kiri hingga hidrosefalus.


Kepala BBPOM Semarang Zulaimah saat wawancara di Cilacap mengatakan pihaknya telah mengamankan sejumlah dokter umum di beberapa wilayah di Jateng. Mereka ikut terlibat pemakaian dan pemasaran produk kosmetika illegal yang mengandung bahan kimia berbahaya tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar