Senin, 08 Juli 2013

Curahan Rizki di Bulan Ramadhan

Bulan Suci Ramadhan adalah bulan penuh curahan Berkah, Rahmat, dan Ampunan dari Allah SWT. Setiap muslim pasti bersuka cita akan datangnya bulan yang disucikan oleh Allah karena di bulan ini Allah meluaskan rizki-Nya bagi semua umat Muslim di dunia yang menjalankan ibadah puasa.

Jadwal Waktu Shalat Bulan Ramadhan 1434 H
Sumber: Almanak PP. Persis 2013
Setiap tahun, kita tahu kalau datangnya bulan ramadhan harga barang-barang kebutuhan pokok pasti naik. Namun, kenaikan harga tersebut tidak berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat. Umat muslim tetap saja merayakan kemenangan dan bersuka cita di Hari Raya Idul Fitri.

Mereka semua mendapatkan kebahagiaan dan kegembiraan ketika Hari Besar itu tiba. Kenaikan harga tidak lagi berpengaruh pada mereka karena Allah telah meluaskan dan memberikan rizki-nya pada kita semua.

Rizki sudah ditentukan oleh Allah, Jatah rizki manusia sudah ditetapkan oleh-Nya.

Jika Kami memberikan keluasan rizki kepada hamba-hambanya, niscaya mereka berbuat melebihi batas di muka bumi ini; akan tetapi Dia memberikan rizki menurut ukuran dan kehendak-Nya. (QS As-Syura: 27)

Allah melimpahkan rizki kepada siapa saja yang dia kehendaki selaras dengan manfaat dan faedahnya untuk kemaslahatan umat manusia. Allah maha kaya dan maha pemurah, Dia-lah yang meluaskan dan menyempitkan rizki seseorang.

Jika mau menyelamatkan harta kita dari dosa dan kemaksiatan, pergunakanlah harta di jalan yang diridhai Allah maka kita pun akan selamat di akhirat nanti. Pergunakanlah harta kita untuk bersedekah, berinfaq, dan berzakat di jalan Allah.

Bersedekah kepada kerabat terdekat kita, sebaiknya jangan dibiasakan bersedekah di tempat umum dan persimpangan jalan. Saya pernah melihat berita di salah satu stasiun Televisi, kalau ternyata para peminta-minta yang suka mangkal di jalan, di persimpangan jalan, dan mangkal di kota-kota besar itu tidak layak untuk diberikan sedekah.

Stasiun Televisi tersebut meliput salah satu perkampungan di Jawa yang rumahnya sangat megah dan mewah. Perkampungan itu adalah perkampungan fakir miskin yang suka mengemis dan ngamen di kota-kota besar. Menurut sumber mengatakan, mereka dalam sehari bisa meraup uang ratusan hingga jutaan rupiah dari hasil meminta-minta dan ngamen.

Ada baiknya kalau bersedekah itu dilakukan kepada kerabat dan lingkungan sekitar kita dahulu yang memang secara pisik tampak dalam kehidupan kita. Kalau kita sudah bisa berbagi dan memberikan sedikit kebahagiaan kepada orang-orang di sekitar kita insyaallah kita semua akan mendapatkan limpahan berkah, rahmat, dan ampunan dari Allah SWT.


Bulan suci ramadhan adalah bulan berbagi kebahagiaan, bulan berbagi kegembiraan, bulan berbagi senyuman, dan bulan berbagi sedekah untuk kerabat dan lingkungan sekitar kita. Jadikan Bulan suci ramadhan sebagai pijakan awal kita untuk menjadi seorang hamba yang akan diluaskan rizki oleh Allah SWT. Amiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar