Jumat, 19 Juli 2013

Gadis 16 Tahun Kuasai 13 Bahasa Asing

Gayatri Wailissa adalah sosok perempuan belia yang multi talent. Diusianya yang masih muda, 16 tahun, Gayatri mampu menguasai 13 bahasa asing dengan fasih dan jelas seperti Inggris, Jepang, India, Perancis, Italia, Belanda, Cina, Korea, Nepal, dll. Dengan kemampuannya tersebut, Gayatri telah banyak mengukir prestasi di tingkat internasional.


Lahir dari keluarga sederhana dari pasangan Deddy Darwis Wailissa dan Nurul Idawati, Gayatri adalah sosok remaja belia penuh semangat. Segudang prestasi internasional yang dimilikinya, Gayatri didaulat Indonesia untuk menjadi Duta Asean mewakili Indonesia.




Mengapa Gayatri mendapat julukan Doktor Cilik?

Dalam wawancaranya di acara “Kick Andy Show,” Gayatri menceritakan pengalaman unik dan seru di suatu Forum pertemuan 11 perwakilan Duta dari ASEAN. Gayatri pun ikut hadir mewakili Indonesia.

Bakat yang dimiliki Gayatri sebelumnya tidak diketahui banyak orang, namun, ketika dia menjadi Duta ASEAN dan berbicara di Forum ASEAN. Saat itu terjadi perdebatan yang panjang dalam forum, masing-masing duta perwakilan berbicara dengan bahasa yang masih kurang dimengerti Duta forum lainnya.

Gayatri akhirnya memberanikan diri untuk menjadi penterjemah di forum tersebut yang pada awalnya mereka melecehkan dan menertawakan kemampuan Gayatri. Namun, setelah dia membuktikan kemampuannya dan menjadi mediator di forum tersebut.

Mereka sangat takjub dengan kemampuan bahasa asing yang dimiliki Gayatri. Mereka pun memanggil Gayatri dengan sebutan The Doctor.

Sejak saat itu Gayatri menjadi buah bibir dan akhirnya Gayatri didaulat sebagai ketua dari perwakilan Duta ASEAN. Tugasnya membahas isu-isu yang berhubungan dengan dunia anak Seperti kasus trafiking (jual beli anak) yang sekarang marak dibicarakan,

Bakat Gayatri memang sudah kentara dari sejak kecil, menurut penuturan ayahnya, Gayatri kecil suka menirukan suara dari film yang sedang ditontonnya. Gayatri suka berlatih sendiri dan berkomunikasi dua bahasa lewat cermin.

Kemampuannya mempelajari berbagai bahasa asing bukan didapat dari kursus atau les privat, melainkan didapat dengan cara otodidak. Dia mempelajari semua bahasa lewat buku, lewat lagu, lewat nonton film yang kemudian dia komunikasikan sendiri di depan cermin.

Sang ayah pada awalnya sering menertawakan kelakuan Gayatri yang suka berbicara sendiri, berteriak-teriak sendiri dalam bahasa aneh. Namun, kini sang ayah pun tahu kalau yang dilakukan anaknya sangat membanggakan karena kemampuan Gayatri telah mengharumkan daerahnya dan bangsa Indonesia.

Gayatri Wailissa saat ini masih bersekolah di SMA Unggulan Ambon, Maluku. Selain bersekolah, dia aktif sebagai penyiar radio, penterjemah, penulis, drama, teater, dll.

Daftar Prestasi Gayatri (Sumber: Kompas):

  1. Juara 1 Kompetisi Cerita Rakyat 2006
  2. Juara Bertutur kanak-kanak 2007
  3. Juara 2 Lomba Cerpen Nasional 2008
  4. Juara 1 Lomba Cipta Puisi Provinsi 2009
  5. Juara 1 debat konsep pembangunan daerah 2010
  6. Juara 2 karya tarian kreasi baru 2010
  7. Nominasi 3 besar Icon Busana Nasional 2011 
  8. Juara 1 Lomba Pidato dalam hari anak Nasional 2011
  9. Juara Karya Tulis sastra Nasional 2012
  10. Juara 1 Lomba Pidato Remaja Hari Kebangkitan Nasional 2012
  11. Juara esay Nasional “Hari Perdamaian Dunia” 2012


Organisasi/Kegiatan yang sedang digeluti:

  1. Pimpinan Redaksi Majalah Anak (Suara Anak Maluku)
  2. Pengurus Forum Anak Maluku
  3. Ketua Forum Perdamaian (KAPATA DAMAI)
  4. Penerjemah Bahasa
  5. Pramuwisata
  6. Penulis Sastra (Puisi, Prosa, Novel)
  7. Instruktur Klub Teater
  8. Penyiar Radio Swasta-Siaran Anak
  9. Reporter/Presenter/Host – Icon Clip Film Documenter
  10. Pernah menjadi Delegasi tunggal ke Nepal mewakili ASEAN
  11. Wakil Indonesia untuk duta anak tk asean
  12. Tidaklah penting siapa kita, yang penting apa yang bisa kita lakukan

Apa yang kita bisa pelajari dari remaja dengan segudang prestasi luar biasa ini. Tentunya kita pun bisa seperti dia. Kamu, saya, dan kalaian pun bisa menjadi anak muda yang berprestasi asal mau belajar tekun dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Inspirasi muda untuk kamu yang mau belajar meraih jutaan mimpi dan cita-cita. Gayatri adalah salah satu extraordinary people dengan bakat yang sangat unik dan diperoleh ketika masih muda. Gayatri telah mengukir sejarahnya sendiri dengan kemampuannya, maukah anda menjadi bagian dari sejarah seperti Gayatri, do something good, creative, and inovatif to make your dream come true.

4 komentar:

  1. Subhanallah... Allah SWT pasti akan mencurahkan bagi orang/ individu yg punya tekad dan mau bfikir dg bersih end jernih, spt Gayatri ( contohnya.. )

    BalasHapus
  2. Gayatri mantap..salut.
    Sayangnya, dari berita di internet yg saya baca, sepertinya pemerintah maluku kurang memberikan apresiasi pada prestasi Gayatri. Sang Gubernur cuma bilang "cari di internet" waktu Gayatri minta difasilitasi beasiswa...hmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah. Begitulah cermin Pemerintahan kita, Pemerintahan selalu mempertahankan sistem Pendidikan yang ada walaupun kenyataannya amboradol. Yang melahirkan para Intelektua korup dan tdk mau mengkaji , mengevaluasi dan memberikan apresiasi yang telah dilakukan oleh Doktor cilik Gayatri demi bangsa dan negara yg kita cintai ini.

      Hapus
  3. Makasih atas sharingnya mas,ijin mengutip ya mas.
    Salam

    BalasHapus