Rabu, 24 Juli 2013

Kapal Tongkang Karam: 189 Imigran Berhasil Diselamatkan

PrimeTime News memberitakan bahwa Kapal Tongkang kecil karam di pantai Sukapura, Cidaun, Cianjur. Menurut berita tersebut, 9 orang ditemukan tewas dan 189 orang berhasil diselamatkan. Pihak polres Cianjur sampai saat ini masih mencari korban lain yang menurut data jumlah penumpang kapal tersebut diperkirakan ada kurang lebih 200 penumpang.

Kapal tongkang tersebut membawa imigran dari Iran, Irak, dan Srilangka yang berjumlah lebih dari 200 orang. Kapal kecil berpenumpang lebih dari 200 orang. Kemungkinan kapal karam akibat beban terlalu berat sehingga mengalami kebocoran.

9 penumpang tewas diantaranya ada seorang bayi laki-laki yang masih berumur 10 bulan, dua anak kecil, dan seorang perempuan muda berusia sekitar 25-30 tahun.

Para penumpang Imigran yang mayoritas berasal dari Srilangka ini tadinya mau ke Christmas Island, Australia. Mereka menunggu kapal besar yang datang dari Australia. Namun, di tengah perjalanan kapal tersebut mengalami kebocoran yang diakibat kan kelebihan penumpang. Akibatnya, kapal tersebut karam dekat pantai Sukapura Cidaun, Cianjur.

Menurut PrimeTime News Metro TV, data penumpang kapal tongkang tersebut adalah 60 warga Iran dan Irak dan  160 orang warga Srilangka. Sampai saat berita ini diturunkan, pihak Polres Cianjur baru menemukan korban yang selamat sejumlah 189 orang dan 9 orang tewas.

Para penumpang Imigran ini dikabarkan ingin mencari suaka dan pekerjaan di Australia. Mereka umumnya berasal dari keluarga miskin yang ingin mengadu nasib di negeri orang dengan berjibaku di lautan.

Karena ingin mengadu nasib, mereka rela berjuang di lautan lepas dengan kapal kecil. Hasrat dan tekad kuat untuk mendapat kehidupan layak mereka lakukan dengan taruhan nyawa. Begitu miris dan iba jika di satu sisi, sebagian orang menikmati kesenangan hidup, berfoya-foya, korupsi di mana-mana. Di sisi lain potret kehidupan begitu kelam.

Banyak masyarakat harus berjibaku dengan mengorbankan nyawa untuk mendapatkan secuil kesenangan hidup.

Pihak Polres Cianjur sampai saat ini masih mencari sisa korban yang masih berada di sepanjang Pantai Sukapura Cidaun, Cianjur Selatan.

Kasus Imigran yang terdampar di Pantai Selatan ini memang kerap kali terjadi. Mungkin telah puluhan atau ratusan kali kasus Imigran yang mau ke Australia dan terdampar di Indonesia. Mudah-mudahan ada solusi baik dari pemerintah negara para Imigran untuk perbaikan taraf hidup masyarakatnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar