Kamis, 11 Juli 2013

LP Tanjung Gusta Medan Rusuh

Bandung - Apa Kabar Indonesia TVONE malam ini memberitakan telah terjadi Kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Tanjung Gusta, Medan.

Kerusuhan dikabarkan berawal dari pemadaman listrik yang ditentang oleh sebagian tahanan. Mereka mulai memberontak karena tidak terima adanya pemadaman listrik tersebut. Mereka pun mulai mengamuk.

Menurut reporter TVONE, mereka juga mengeluhkan kekurangan air di LP tersebut. Ribuan warga binaan dikabarkan mengamuk dan melakukan pelemparan batu ke arah pintu dan aparat keamanan untuk mencoba melarikan diri karena terjadi kebakaran di dalam LP.

Para petugas pemadam kebakaran dikabarkan telah bersiaga di sekitar LP untuk mencoba meredam kobaran api yang semakin membesar. Namun, mereka tidak berhasil masuk gerbang utama LP karena hujan batu masih terus memblokir aparat dan pemadam kebakaran.

Diperkirakan sekitar ratusan lebih tahanan telah berhasil kabur dari LP Tanjung Gusta, Medan dan mencoba melarikan diri ke daerah NAD (Nanggroe Aceh Darussalam).

Sebagian besar tahanan yang kabur, menurut reporter TVONE, 12 tahanan yang kabur tersebut adalah teroris.

Sampai berita ini diturunkan, kerusuhan masih tetap terjadi. Kebakaran semakin besar, perlawanan para napi terus menerus dilakukan dengan melakukan pelemparan batu. Dikabarkan di dalam LP tersebut terdapat sekitar dua ribu lebih warga binaan.

Para polisi bekerjasama dengan pihak angkatan darat, dan dengan pihak pemadam kebakaran pun telah bersiap dan bersiaga untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. 

Mereka mengantisipasi warga binaan yang mungkin akan melarikan diri, mengantisipasi kebakaran, dan meredam ribuan tahanan untuk tidak melakukan pemberontakan.

Mudah-mudahan hal ini tidak terus berkelanjutan, dan bisa cepat terselesaikan oleh pihak kepolisian dan aparat lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar