Minggu, 21 Juli 2013

Tips Agar Ponsel Pintar Anda Tidak Meledak

Baru-baru ini sering diberitakan di berbagai negara kasus ponsel pintar yang meledak dan terbakar  saat di simpan di saku celana, di tempat tidur, di dalam tas, dan ketika mendengarkan musik. Ketika saya berselancar di google, saya menemukan ada 7 kasus ponsel pintar meledak dan mayoritas kasus di dominasi oleh Smart Phone dari Apple.

Berikut 7 insiden ponsel pintar yang di duga  meledak atau terbakar dan hampir mencederai sebagaian pengguna ponsel tersebut:

Kasus iPhone 5 meledak di Bangkok, Thailand. Insiden yang dialami oleh pebisnis asal Thailand bulan Maret lalu. iPhone 5 yang dimilikinya tiba-tiba meledak saat dipakai dia menelpon kurang lebih selama 30 detik.

Samsung Galaxy S III meledak di Swiss. Insiden ini dialami oleh seorang gadis muda berusia 18 tahun asal Swiss, Fanny Schlatter. Samsung Galaxy S III miliknya tiba-tiba meledak saat di simpan di saku celana sehingga mencederai paha kanannya.

Ponsel iPhone 4 meledak di China. Insiden dialami oleh pria asal Chongqing, China bernama Wang Kailin seperti dikutip Tech in Asia (12/7/2013). Ponsel Wang meledak dan terbakar ketika dia sedang tidur. Untungnya, Wang tidak cedera karena masih sempat terbangun ketika ponsel yang ditaruh diatas bantalnya meledak.

Seorang Pramugari tewas akibat tersengat listrik iPhone 5 miliknya. Insiden yang memakan korban jiwa seorang pramugari bernama Ma Ailun. Seperti dilansir South China Morning Post, Ma Ailun tewas tersengat listrik ketika menelepon dengan iPhone 5 yang sedang diisi baterainya.

Kian McCreath, seorang Bocah berumur 11 tahun yang berasal dari Inggris, melaporkan ponsel BlackBerry kesayangannya yang meledak. Ledakan pun meninggalkan bekas luka di salah satu bagian tubuhnya.

Kesetrum iPhone 4, Pria China Jatuh Koma. Insiden yang dialami pria berumur 30 tahun yang bernama Wu Jiantong. Wu Jiantong mengalami koma dan harus dirawat di Rumah Sakit Beijing akibat kesetrum iPhone 4 miliknya ketika hendak mengisi baterai.

Samsung Galaxy S4 dikabarkan meledak di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Insiden ini dialami oleh Sarah Surrub saat dini hari. Ketika itu Sarah terbangun pada pukul 2 dini hari hendak menengok bayinya, pada saat itu, ia melihat Galaxy S4 miliknya terbakar saat terhubung ke aliran listrik.

Berbagai kasus diatas, hendaknya kita harus lebih waspada dan berhati-hati lagi dalam membeli ponsel, merawat ponsel, dan menggunakannya. Bagaimanapun juga, ponsel pintar harus dirawat dengan pintar pula. Ponsel pintar harus digunakan secara pintar pula.

Berikut akan saya berikan beberapa tips agar Ponsel Pintar tidak meledak atau terbakar:
  1. Matikan ponsel selagi mengisi baterai
  2. Isi baterai ponsel sesuai waktu yang dianjurkan
  3. Jangan menelepon ketika ponsel anda sedang di isi ulang baterainya
  4. Matikan Ponsel ketika anda mau tidur
  5. Pakailah ponsel secara bijak dan cerdas seperti kita memperlakukan teman
  6. Kalau ponsel anda tiba-tiba hang atau panas, matikanlah ponsel anda selama kurang lebih 1 menit agar ponsel anda bisa kembali bekerja secara optimal



Tidak ada komentar:

Posting Komentar