Sabtu, 03 Agustus 2013

IQ Habibie Lebih Tinggi Dari Eisntein

Dulu, ketika saya masih kecil sekitar umur 15 tahun, saya pernah ditanya oleh  saudara, apa cita-cita kamu nak? Saya katakan saya pingin jadi Habibie. Maklum saja waktu itu Habibie adalah seperti sebuah impian dan tujuan hidup masa depan bagi anak-anak. Semua anak di desa yang seumuran saya pun kalau ditanya cita-citanya pingin jadi apa pasti jawabnya pingin jadi Habibie.

Siapakah Habibie? Ko sampai begitu santernya Habibi menjadi buah bibir dan idola terutama bagi anak kecil pada masa itu (sekitar tahun 90-an) dan mungkin saja sampai sekarang orang pasti banyak mengidolakan beliau.



Yang saya tahu ketika kecil, Habibie itu sosok yang cerdas dan pintar, dia satu-satunya orang Indonesia yang menciptakan pesawat terbang. Hebat kan Habibie itu, makanya ketika kecil kalau lihat ada pesawat lewat di depan rumah “Eh lihat tuh ada pesawat Habibie.”

Habibie bernama lengkap Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, lahir di parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936.  Dia adalah anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A Tuti Marini Puspowardojo.

BJ. Habibie pernah belajar tekhnik mesin di Institu Teknologi Bandung pada tahun 1954. Sebelumnya, dia pernah duduk di bangku SMA di SMAK Dago, Bandung.

Pada tahun 1955-1965 ia kemudian melanjutkan studi teknik penerbangan di RWTH Aachen, Jerman Barat dan menerima gelar diplom ingenieur pada 1960 dan gelar doktor ingenieur pada 1965 dengan predikat summa cum laude. Spesialisasi ilmunya di bidang  konstruksi pesawat terbang yang kemudian terkenal dengan julukan “Mr. Crack” karena ia ahli dalam mengheliminir keretakan pesawat akibat tekanan udara.

Habibie adalah sosok orang Indonesia paling cerdas dan sangat pintar, di kancah industri penerbangan nasional, dia sukses membuat jutaan mata dunia berdecak kagum dan terbelalak dengan mengudaranya pesawat N-250  di langit Indonesia pada 1995 silam.

Kini, Bapak mantan Presiden RI ketiga itu disebut sebagai salah seorang Muslim tercerdas di dunia. Dalam Akun Twitter, @TwitFaktaIslam menyebutkan bahwa Habibie masuk ke dalam 10 besar tokoh dunia dengan intelligence quotient (IQ) 200.

Menurut situs Republika.co.id, sebagai perbandingan saja, penemu teori relativitas gravitasi Albert Einstein, yang sering disebut sebagai ilmuwan terhebat sepanjang masa, memiliki IQ dibawah Pak. Habibie yaitu 160.  Skor IQ Habibie masih lebih tinggi daripada sir Isaac Newton (190) dan Galileo Galilei (165).

Apakah IQ itu? IQ adalah suatu ukuran kemampuan intelektual, analisis, logika, dan rasio otak seseorang. IQ dijadikan patokan standar seberapa besar tingkat kecerdasan otak manusia untuk menerima, menyimpan, dan mengolah suatu informasi menjadi suatu bukti nyata atau fakta.

Mantan Menteri Riset dan Teknologi jaman Orde Baru ini menjadi satu-satunya orang yang masih hidup sampai sekarang. Sedangkan sembilan orang yang berada dalam daftar peringkat IQ tertinggi di dunia itu sudah wafat. Kicauan di Twitter tersebut mengatakan bahwa Mantan Presiden RI BJ. Habibie masuk 10 Besar tokoh ddunia yang IQ-nya mencapai 200, 9 tokoh dunia lainnya telah wafat.

Mudah-mudahan Pak. Habibie panjang umur dan sehat selalu, mudah-mudahan Pak. Habibie bisa membantu orang-orang Indonesia supaya menjadi pintar dan tidak dibodohi oleh para pemimpinnya. Indonesia memang banyak yang pintar dan cerdas tapi miskin ilmu, miskin hati, dan miskin akhlak.

Mudah-mudahan Habibie menjadi penerang masyarakat miskin Indonesia. Menjadi penolong orang-orang lemah, dan menjadi panutan para pemimpin Indonesia kedepan.


Habibie adalah sosok idola saya waktu kecil? Siapakah Idola anda? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar