Kamis, 22 Agustus 2013

Tumbuhkan Rasa Cinta

Saya ingin selalu membahagiakan tamu, siapapun itu, apakah dia orang miskin, anak yatim, anak jalanan, anak haram, siapapun dia, saya akan selalu ikhlas menuangkan hidangan yang sama seperti saya makan
Kalau kita berbuat baik kepada orang lain dengan ikhlas, maka Tuhan pun akan menyayangi kita dan keturunan kita semua.

Saya tidak mau kalau suatu saat anak saya atau istri saya bertamu ke tempat orang lain, malah dicuekin, enggak dijamu sedikitpun oleh Tuan Rumah karena kita pelit terhadap orang lain. Kalau Indonesia mau maju, budayakan sikap mau berbuat baik terhadap sesama, berbuat baik terhadap semua orang apalagi kalau keadaan ekonomi orang tersebut berada jauh dibawah kita.

Indonesia itu kaya. Kaya kalau sering lihat sinetron yang mempertontonkan kemegahan dan kemewahan. Kaya supermarket bak jamur merang yang sedang mekar sampai ke kampung-kampung dan pelosok desa. Kaya bak konser musik yang mendaulat seseorang menjadi terkenal dalam sekejap dengan hadiah ratusan juta rupiah.

Tapi, apakah kita pernah lihat sekeliling kita, rumah-rumah di pinggiran sungai yang sudah mau roboh dan menunggu giliran untuk digusur oleh pemerintah, apakah kita pernah melihat jalan-jalan kita yang semakin tebal dan membumbung naik tinggi bak gunung melebihi ketinggian rumah kita dan sebentar lagi kalau kita lihat dari tengah jalan, rumah kita hanya kelihatan atapnya saja, ibarat banjir yang enggak henti-henti menerjang, menerkam, dan melumat rumah kita yang hanya menyisakan atap dan sedikit puncak genting diatasnya.

Indonesia memang akan terus menjadi seperti itu kalau kita tidak punya rasa cinta. Rasa cinta akan membuat kita mau berbuat baik untuk orang lain, mahluk lain, dan alam semesta yang sekarang kita pijaki.

Seperti ungkapan dalam salah satu film favorit saya “Doraemon Nobita” movie series tahun 2008, yang berjudul The Green Giant Legend “Berbuat kesalahan adalah kelemahan manusia, tapi belajar dari kesalahan adalah kekuatan manusia.”

Setiap orang yang menenun kehidupan, satu orang satu bibit, itulah awal dari permulaan planet ini Dengan hati yang saling menyayangi, saling peduli, saling menjaga satu sama lain, membuat manusia menjadi makmur dan berkembang, namun sayangnya telah dilupakan.


Setiap mahluk saling menjaga, barulah bisa terbentuk alam semesta, itu adalah cinta sejati yang tak akan berubah, jika seluruh alam penuh dengan rasa cinta percayalah masa depan akan menjadi lebih baik. Dan membuat rasa cinta menjadi lebih besar tak ada kekuatan apapun yg mmpu menandinginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar