Kamis, 10 Oktober 2013

Penetapan Idul Adha 15 Oktober 2013

arfa kresna
Aku tetapkan kau akan disembelih
hari Selasa, 15 Oktober 2013
Sempat terjadi isu kalau hari Idul Adha atau Idul Qurban tahun ini jatuh pada hari Rabu, tanggal 16 Oktober 2013. Namun, akhirnya salah satu hari besar umat muslim di dunia ini ditetapkan hari Selasa, tanggal 15 Oktober 2013.

Pemerintah menetapkan Idul Adha jatuh pada hari Selasa, 15 Oktober 2013 setelah terjadi kesepakatan bersama antara ormas-ormas Islam dengan memperhatikan hasil kajian dari astronomi sebagai salah satu dasar atau patokan yang bisa dipertanggungjawabkan.


Berdasarkan berita di HU. Pikiran Rakyat tentang penetapan Idul Adha yang jatuh pada tanggal 15 Oktober ini memang tidak menjadi polemik yang berkepanjangan dikarenakan ormas-ormas Islam seperti Persis, Muhamadiyah, NU duduk bersama membahas hal tersebut.

Pentingnya duduk bersama membahas penentuan hari-hari besar umat Islam yang sering menjadi polemik juga dikatakan Ketua Pengurus Wilayah Serikat Islam Jabar Nandang Koswara dan Ketua Pengurus Wilayah Mathlaul Anwar Jabar Fadil Syamsuddin. “Jangan Biarkan umat Islam bingung karena sering terjadi perbedaan penetapan awal Ramadhan, Syawal, dan Idul Adha,” kata Nandang.

Yang menjadi topik menarik untuk disimak adalah selain penetapan Hari Raya Idul Adha juga peningkatan harga Sapi yang cukup tinggi seiring dengan meningkatnya harga daging Sapi di pasaran sejak masuk bulan Ramadhan kemarin. Harga daging Sapi yang menembus angka seratus sepuluh ribu perkilo memang berpengaruh signifikan terhadap harga jual Sapi pada umumnya.

Kalau kita memperhatikan tahun lalu harga satu ekor Sapi berada di kisaran harga 9 samapai 10 juta rupiah. Namun tahun ini, harga Sapi melonjak 40 persen yang semula harganya 10 Jutaan rupiah, tahun ini harga Sapi naik menjadi 14 jutaan. Dan bahkan bulan kemarin harga Sapi sempat naik sekitar 20 juta rupiah per ekor.

Penurunan permintaan hewan kurban terutama Sapi pasti akan terjadi tidak seperti tahun-tahun sebelumnya karena dampak dari kenaikan harga Sapi yang cukup tinggi. Namun, hal tersebut mudah-mudahan tidak mempengaruhi niat umat muslim yang ingin berkurban sebagai perwujudan ketaatan mereka terhadap Allah SWT.

Selamat Hari Raya Idul Adha, Selamat berkurban mudah-mudahan ibadah hajinya dan pengurbanan hewan kurbannya mendapat pahala dan ridho Allah Swt.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar