Rabu, 13 November 2013

Lomba Sayembara Karuhun

fatur
Fatur Rozak Umbaran
Kalau mendengar kata Sayembara jaman sekarang enggak seru akh, sayembaranya enggak kaya dulu, kalau dulu kan kita memperebutkan putri atau bidadari, nah kalau sekarang kayaknya kurang seru alias kurang menggigit.


Kalau suka denger cerita lucu dongeng kerajaan jaman dahulu, kata sayembara memang sudah tidak asing di kalangan warga kerajaan. Mereka datang berbondong-bondong ke istana untuk melihat ada sayembara apakah tahun ini.



Konon sayembara diadakan oleh sang raja ketika suatu permasalahan menimpa kerajaan dan para pejabat kerajaan seperti Patih, menteri, tabib, dan hulubalang tidak bisa memberikan solusi atas permasalahan sang Raja saat itu.

Akhirnya setelah diadakan musyawarah untuk mufakat, Sang Raja pun memerintahkan seluruh punggawa kerajaan untuk menyebarkan pengumuman sayembara kepada rakyat. Sayembara jaman kerajaan dulu biasanya diadakan di alun-alun kerajaan yang merupakan sebuah lapangan luas yang telah di hias sedemikian rupa.

Tapi itu juga katanya sih, kata orang tua jaman dulu karena gue sendiri masih muda bro, enggak sempet ngalamin cerita lucu kaya begitu. Tapi kalau ngalamin juga, pasti seru donk, kebayang kalau ada sayembara meminang putri presiden atau putri pejabat daerah, so pasti banyak masyarakat yang mau ikutan.

Kalau sayembaranya seperti adu jajaten atau adu kesaktian, wah gue bakal bela-belain belajar ilmu rawarontek dan ilmu pancasona kaya di cerita pewayangan. Atau gue bakal belajar ilmu debus atau ilmu menghilang kaya Harry Potter.

Kalau sayembaranya nyembuhin penyakit Sang Putri, wah gue bakal maksain buat belajar pengobatan Cina, gue bakal belajar ilmu pengobatan alternatif sama Ki Joko Bodo, dan gua akan belajar ilmu mendongeng cerita lucu sama Cah Lontong biar bisa menghibur sang putri yang sedang sakit dan sudah pasti gue jadi Sang Pangeran penyelamat deh.

Tapi kalau Sayembaranya, sayembara puisi atau lagu buat menarik perhatian Sang Putri Raja, gue bakal belajar dan berlatih puisi sama Chairil Anwar atau Taufik Ismail. Gue bakal berlatih vokal dan tarik suara sama Elfa Singer atau Mely Goeslaw.

Dan kalau Sayembaranya, sayembara Catur nih, gue pasti jadi juaranya donk, soalnya gue murid Anatoly Karpov dan Utut Adianto.

Kalau sayembaranya adalah Sayembara memancing, siapa dapat ikan banyak, itulah yang berhak menjadi istri Sang Putri. Wah kalau gini caranya, gue bakal belajar mancing Mania Mantaap deh...

Makanya wajar kalau jaman dulu banyak para pemuda atau para pria yang jago silat, sakti mandraguna kaya Brahma Kumbara dengan gagah perkasa dia menunggangi Burung Rajawali Sakti.

Kalau sekarang gimana? Apakah anda tertarik mengikuti Sayembara jaman sekarang? Atau takut duluan karena sudah terlalu banyak umat dan kans untuk juara tentu sedikit sekali. Share aja di sini yah.. Siapa tahu ada sayembara unik dari anda yang bisa dijadikan inspirasi bagi semua orang di dunia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar