Senin, 04 November 2013

Mau Untung Besar dengan Modal Kecil

laelaAda anekdot yang lumayan cukup lucu dan bagi sebagian orang tua jaman dahulu masih dipercayai meskipun itu masuknya Takhayul dan Khurafat atau bisa dikatakan Musyrik dalam Agama Islam yang kita anut.

Anekdotnya seperti ini, saya pernah bertanya kepada teman saya mengenai bisnis yang menjanjjikan. Entah dari mana asal usul jawaban teman saya. Saya bertanya begini: Bisnis apa yang bisa untung gede?

Saya bertanya seperti itu karena saya ingin tahu, yang selama ini saya pelajari  bisnis mau untung besar, maka modalnya pun harus besar pula, jika ingin untung jutaan dalam sebulan, ya setidaknya kita harus buka restoran di tempat yang banyak keramaian. Insyaallah keuntungannya pun pasti besar.


Dan itu sebanding dengan modal untuk buka restorannya pun cukup besar. Kalau masalah analisanya yah mungkin enggak akan cukup kalau dibahas pada tulisan kali ini.

Ini artinya bahwa keuntungan itu berbanding lurus dengan modal awal bisnis kita. Secara realita dan menurut kelogisan akal pikiran kita, kalau modal kita kecil atau usaha dan bisnis kita modal dan kemampuannya kecil maka alhasil keuntungan yang bisa kita raih pun kecil.

Kalau kita ingin bisnis dengan keuntungan besar, kita harus menjalani proses dan aturan serta ide-ide lain untuk melengkapi dan menambah tumbuh kembang bisnis yang kita jalani. Kita harus lalui banyak tahapan-tahapan pengembangan bisnis kita agar tumbuh menjadi besar.

Kembali ke anekdot tersebut diatas, setelah saya menyuguhkan pertanyaan diatas kepada teman saya. Jawaban yang nyeleneh muncul dan membuat bahan gelak tawa diantara sebagian teman saya. Bagaimana tidak, satu teman saya menjawab begini; “kalau mau dapat keuntungan gede alias besar nih, tanpa keluar rumah pun bisa, tanpa keliling rumah, tanpa ngerampok, tanpa membunuh, tanpa merusak.”

Teman saya pun meneruskan pembicaraan dia; “Enggak perlu repot-repot menghitung keuntungan perhari, enggak perlu repot-repot membukukan ala Akuntan, dan Enggak akan di periksa KPK dan Tim Pajak.”
Salah satu teman saya yang lain menjadi penasaran dengan omongan teman satu ini; “Wah, jangan-jangan kamu pengikut aliran sesat yah, mana ada yang kaya gitu, emangnya kamu Jin Lampu Wasiat apa!”

Kemudian teman saya menimpal lagi seperti ini; “ Idiih ko enggak percaya gue sih, kan sudah banyak kejadiannya, apalagi sudah sering ditayangin tuh di TV-TV! Nah sekarang gue mau kasih tahu nih, kalo pingin dapet usaha yang untungnya gede dengan modal kecil ya gampang, elo tinggal Miara Tauyul dirumah aja, modalnya Cuma ngasih makan doank tu tuyul supaya mau deket ma elo.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar