Minggu, 17 November 2013

Tanda-tanda Kegeniusan Einstein

Siapa yang enggak kenal tokoh pintar dan cerdas yang satu ini. Pasti semua kenal donk sama Albert Einstein, penemu teori Relativitas. Einstein memiliki beberapa keunikan dan karakter yang tidak biasa. Mungkin itulah yang membuat Einstein menjadi seorang ilmuwan yang brilian dan mempunyai IQ tinggi. Berikut adalah ringkasan dari buku yang berjudul "Albert Einstein" Salah satu Ilmuwan besar yang memberikan banyak inspirasi bagi jutaan orang di seluruh dunia.


Ilmuwan yang masa kecilnya dicap sebagai pelamun itu telah menghasilkan sebuah karya besar yang sangat bermaanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia di jagat raya ini. Karya itu adalah teori relativitas. Dengan teorinya itu , Albert Einstein telah berhasil menjawab fenomena alam yg belum terjawab oleh teori fisika yg dihasilkan oleh pendahulunya yaitu Isaac Newton.

Ilmuwan yang dilahirkan pada jum’at  14 maret 1879 di Jerman ini adalah anak pertama dan satu-satunya putra dari Hermann Einstein , seorang penjual ranjang bulu kemudian menjalani pekerjaan elektrokimia dari istrinya , Pauline Koch , berbangsa yahudi. Mereka menikah di Stuttgard-bad Canstatt .

Masa kecil Einstein tidak menunjukkan tanda-tanda kegeniusannya. Bahkan , Einstein saat kecil menderita sindrom asperger yg berhubungan dengan autisme. Selain itu , bentuk kepalanya tidak biasa, kemungkinan disebabkan oleh disleksia .

Sampai usia 3 tahun , Albert belum dapat bicara , namun minatnya terhadap ilmu pengetahuan dan matematika sudah tumbuh sejak kecil. Albert kecil lebih suka menyendiri dan hobi sekali membaca buku yg tergolong berat (tidak cocok untuk anak seusianya). Mungkin dari sifat ini gurunya mengatakan  bahwa Albert tidak akan berhasil dalam bidang apapun. Sungguh , sebuah penilaian yang salah besar.

Albert Einstein memang sifatnya keras. Albert ternyata sangat  menyukai kegiatan berlayar dan pandai memainkan biola dalam hal bermain piano , Albert adalah pasangan duet yg hebat bagi Paulina (sang ibu) yg juga ternyata pandai memainkan biola.

Pada 1900 dia mampu menyelesaikan kuliahnya dengan baik, lalu dia memperoleh pekerjaan dikantor Paten di Swiss dan pernah dinobatkan sebagai karyawan terbaik (best employer) oleh atasannya. Meskipun dia sibuk bekerja , dia tidak pernah melupakan janji kepada dirinya untuk berkarier dibidang pengembangan Ilmu pengetahuan , khususnya fisika.

Tahun 1905 , terbitlah empat tulisannya tentang teori relativitas dalam majalah sains annalen der physik.
Tahun 1909 , Albert Einstein diangkat sebagai professor di Universitas Zurich. Penghargaan tertinggi atas krja kerasnya sejak kecil terbayar dengan diraihnya hadiah Nobel pada 1921 di bidang ilmu Fisika. Albert Einstein juga mengembangkan teori kuantum dan teori medan menyatu . Pada 1933 Albert Einstein beserta keluarganya pindah ke Amerika Serikat . Setelah 8 tahun tinggal disana , Albert Einstein mengucapkan sumpah sebagai warga Negara Amerika Serikat .

Albert Einstein meninggal dunia pada usia 76 tahun , tepatnya pada 18 april 1955. Beberapa tahun sebelum ajal menjemputnya , Albert Einstein sempat menangis pilu dalam hati karena karya besarnya “Teori Relativitas Umum dan Khusus” digunakan sebagai Inspirasi untuk membuat bom atom . Bom inilah yang dijatuhkan diatas kota Hiroshima dan Nagasaki saat perang Dunia II berlangsung .

Pesan Albert Einstein :
  “Persyaratan paling penting bagi orang yang ingin menjadi seperti saya adalah mawas diri dalam hal apa yang dipikirkannya serta bagaimana ia berpikir , bukan dalam hal apa yang dikerjakannya atau dialaminya “.

From Book Resume about "Albert Einstein"
Penerbit : “GARASI . house of book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar