Selasa, 12 November 2013

Tips Aman Mengkonsumsi Makanan Pedas

gambar k3
Pedas atau kalau dalam Bahasa Sundanya disebut “Lada” identik dengan makanan yang berbumbu Cabai entah itu Cabai Rawit atau Cabai Merah, dan sejenisnya. Makanan pedas memang sangat dominan dinikmati oleh kaum hawa meskipun banyak para anak adam yang doyan akan makanan yang berbumbu pedas.


Makanan pedas itu sangat sensasional, menimbulkan sensasi pedas di dalam beberapa organ tubuh kita seperti lidah, perut, dan muka. Bagaimana tidak, ketika kita mengkonsumsi makanan pedas, bahkan pedas sekali, bibir kita pasti sedikit membengkak, nafas pun keluar tidak teratur, jantung berdetak lebih kencang, darah terasa naik ke otak, dan keluar banyak keringat di muka dan tubuh kita.

Mengkonsumsi makanan pedas pun merupakan salah satu aktivitas olahraga yang menyehatkan bagi tubuh karena semua organ tubuh dipaksa mengencangkan otot-ototnya dan berusaha menekan semua sel dalam tubuh yang sudah rusak diganti dengan sel-sel yang baru.

Beberapa penelitian mempercayai bahwa mengkonsumsi makanan pedas banyak manfaatnya seperti obat filek, penghilang stres dan depresi, anti kanker, menyehatkan jantung dan pernapasan, memperbaiki proses pencernaan, dan membantu menurunkan berat badan. Kita bisa mendapatkan manfaat tersebut diatas, jika kita mengkonsumsinya sesuai tips aman mengkonsumsi makanan pedas berikut ini:


  1. Jangan berlebihan, ibaratnya seperti mengkonsumsi rujak pedas dari pagi sampai malam hari, bisa-bisa lambung anda pecah
  2. Perbanyak minum air putih setelah mengkonsumsi makanan pedas untuk menetralisir lambung minimal anda sebaiknya langsung minum dua gelas air putih
  3. Usahakan perut anda harus diisi dengan makan nasi terlebih dahulu sebelum anda mengkonsumsi makanan pedas seperti rujak, Gado-gado, Basho, Keripik Pedas, dll.
  4. Istirahat sejenak entah itu 5 atau sepuluh menit sebelum anda beraktivitas setelah mengkonsumsi makanan pedas, untuk mengembalikan temperatur atau suhu tubuh kembali normal. Kalau tidak, kepala anda bisa pusing tujuh keliling dan harus dilarikan ke Rumah Sakit.
  5. Jangan paksakan Mengkonsumsi makanan pedas kalau kondisi tubuh kita tidak fit karena bukan manfaatnya yang kita dapat malah kebalikannya kerugian bagi tubuh kita sendiri.
  6. Setelah mengkonsumsi makanan pedas, usahakan posisi kaki kita tidak ditekuk atau luruskan ke depan, untuk menjaga agar sirkulasi darah yang sedang mengalir cepat tidak terhambat dan tidak mengalami pembekuan.


Kalau selama ini kita menganggap bahwa mengkonsumsi makanan pedas itu enggak baik karena bisa menimbulkan gangguan pada lambung dan pencernaan seperti sakit perut dan Diare. Kalau di rumah tangga anda sudah terbiasa dan menggunakan beberapa tips dan saran diatas, insyaallah penyakit pun menjauhi kita.

Jika ada kesalahan dalam penulisan pada blog ini mohon dikoreksi, lalu bagaimana menurut Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar