Kamis, 20 Februari 2014

Transformasi Religius Modern

Rajin pangkal pandai dan Hemat pangkal kaya adalah petuah legenda yang selalu terngiang di benak pikiran dan hati kita dari sejak dulu. Kalau kita belum bisa mewujudkan pandai dan kaya maka cari dulu dimana pangkalnya, jangan-jangan kita salah masuk pangkal.


Transformasi memang harus dilakukan agar kita bisa berubah. Kalau mau jadi robot, yah transformer, kalau dulunya wanita trus mau berubah jadi pria itu namanya transgender. Akan tetapi, kalau kita pingin mengganti jantung kita yang sudah rusak itu namanya transplantasi.

Transformasi atau perubahan sudah selayaknya kita lakukan jika kita stuck atau tidak bergerak sama sekali pada bidang yang sekarang kita geluti.

Ketika SMA dulu, saya salut sama satu sekolah yang jurusannya cuman satu tapi menerapkan aspek-aspek nilai religius, modern, dan berkarakter tinggi. Tak heran jika sekolah tersebut sekarang ini sangat diminati banyak generasi penerus khususnya ibu hamil dan ibu menyusui.

Apa yang hebat dari sekolah tersebut? Jurusannya tidak ada di SMA lain, cuman ada satu, yakni jurusan Kimia, saking kimianya merajalela di kampus sekolah tersebut, sampai-sampai wc-nya pun sangat berkarakter sekali.

Wc-nya ada 20, berkarakter karena sebelum masuk wc, di depan pintu utama sudah terpampang tulisan yang sangat berkarakter sesuai dengan jurusannya. Disana terpampang sebuah tulisan besar “Pakailah H20 secara bijak dan arif.”

Sekolah yang religius dan sangat modern memang kentara, religiusnya terlihat karena setiap siswanya diberikan kalung tasbih biar dalam setiap langka mereka selalu menyebutkan asma Tuhan. Modern-nya sekolah tersebut karena selain diberi kalung tasbih, mereka diberi gantungan flashdisk bersamaan dengan kalung tersebut, biar kelihatan modern dan gaul.

Pas mereka masuk wc, di 20 WC tersebut tidak disediakan gayung seperti kebanyakan gayung lain, gayungnya ini unik, mereka pakai tabung reaksi untuk mengambil air supaya ada chemistry dan mereka merasa memiliki. WC bagi orang lain adalah tempat yang sangat hina dilecehkan, dan dihujat habis-habisan, akan tetapi, selalu dibutuhkan. Disinilah tugas Sekolah ini untuk supaya para siswanya memiliki chemistry yang baik dan paradigma lain terhadap Wc.

Jadi di sekolah tersebut memang unik, penuh ekspresi, dan berkarakter sekali, Kimia banget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar