Minggu, 20 April 2014

Asal Permainan Domino

Pada tulisan sebelumnya saya bercerita mengenai akal pikiran manusia yang ternyata memiliki kemampuan melebihi kecepatan angin dan pesawat jet. Tulisan kali ini saya akan membahas tentang permainan Domino (Gapleh).






Eits, jangan bilang itu permainan judi loh, permainan domino kalau hanya dimainkan untuk bersenang-senang untuk menghabiskan waktu luang saja tanpa dibarengi dengan tumpangan uang itu bisa mengasyikan. Yah kalau sudah pake duit itu termasuk judi.

Darimana sih sebenernya asal Permainan Domino ini? Ada yang tahu enggak? Gue juga ni katanya loh, kata mbah nanu, sebenernya permainan yang satu ini dari tanah sunda. Jadi kalau ada yang mau komplain mengenai asal muasal permainan ini silakan saja karena siapapun bebas berpendapat dengan maksud bukan untuk menyombongkan diri.

Alasannya apa ko ngaku-ngaku dari tanah sunda? Begini loh, kalian tahu enggak kalau di dalam permainan domino ini ada yang disebut joker atau jagonya, atau bisa juga kalau di catur skak mat. Di permainan ini ada yang namanya balak enam, balak lima, balak empat, balak tiga, balak dua, balak satu, dan balak nol.

Apa ada artinya balak tersebut? Tentu saja kata embah Nanu di setiap balak-balak tersebut memiliki makna atau arti yang sarat dengan hukum dan aturan islam. Wah sebenernya gue enggak ikutan deh, takut didebat ma Ustd. UGB atau Ketua MUI.

Katanya nih, Balak enam (Balak 6) itu menyesuaikan rukun iman kepada Allah SWT. Rukun iman itu ada enam dan pasti orang muslim sudah tahu dan hapal betul apa saja rukun iman tersebut.

Kalau Balak Lima (Balak 5) Jelas itu adalah Rukun Islam, rukun islam itu ada lima. Ko bisa yah domino ini dihubung-hubungkan sama ajaran Islam. Yang penting kalau mainnya pas acara ngabuburit atau nunggu bedug Ashar boleh-boleh saja, asal jangan melewati batas.

Balak empat (Balak 4) katanya Dunia ini atau Bumi yang kita pijaki terdiri dari 4 unsur (4 elemen) yang menopang Bumi menjadi tempat yang indah dan nyaman. Apa saja unsur Bumi tersebut? Yaitu Tanah (Daratan), Air (Laut), Api, Angin (Udara).

Balak Tiga (Balak 3) ini konon katanya di dalam tubuh atau jiwa manusia ada tiga hal penting yang tidak dimiliki oleh semua mahluk Tuhan lainnya, yakni Nafsu, Akal, dan pikiran.

Balak Dua (Balak 2) itu seperti malam dan siang, gelap dan terang, laki-laki dan perempuan. Jadi kehidupan itu pasti berpasangan (Yin dan Yang) seperti Kungfu Panda (Black or White).

Balak Satu (Balak 1) sudah jelas bahwa hanya satu yang kita sembah dan dialah pencipta semua mahluk di alam dunia ini. Dialah Allah Azza Wazala..

Dan yang terakhir adalah Balak Nol (Balak 0). Artinya semua kehidupan akan kembali ke awal mula, manusia pun setelah hidupnya pasti akan mengalami kematian, dan semua mahluk tuhan akan dihidupkan dan dimatikan. Jadi dunia ini ada awal dan akhir, tidak ada kehidupan yang kekal di dalamnya. Kekekalan hanyalah milik Allah SWT.

Begitulah penjelasan dari arti Balak 6, 5, 4, 3, 2, 1, dan 0 di permainan Domino (Gaple). Bukan bermaksud menyinggung satu atau dua atau tiga dan seterusnya. Percaya atau tidak itulah permainan, dan begitu juga hidup kita di dunia ini juga hanyalah permainan dan pasti akan segera berakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar