Kamis, 10 April 2014

Kesalahan Di Lagu Bintang Kecil

Kamu tahu lagu bintang kecil? Salah satu lagu anak yang cukup sederhana dan anak kecil pasti cepat bisa menghapal lagu tersebut. Mengapa saya bilang ada kesalahan di lagu Bintang Kecil? Kesalahan itu terus berulang sampai sekarang ketika saya beranjak dewasa, dan mungkin anak-anak Indonesia di seluruh dunia terus dipersalahkan oleh adanya anomali lirik dalam sebuah lagu anak. Saya tidak bisa menyalahkan mamih gue, tidak bisa menyalahkan bokap gue, dan gue tidak bisa menyalahkan Kak Seto.






Kamu tahu enggak Kak Seto itu siapa? Kak Seto itu adalah sosok Ksatria atau dewanya bagi anak-anak, sekarang anak-anak semakin terlindungi dari hewan buas dan binatang jalang seperti puisinya Khairil Anwar itu karena jasa Kak Seto loh.

Kak Seto itu konon katanya, dialah orang yang pertama kali memperkenalkan Home Schooling atau Homework. Tahu enggak Home Schooling? Home schooling itu adalah pendidikan bagi anak-anak yang tidak bisa masuk SD. Kenapa tidak bisa masuk SD? Karena mungkin Akta anak belum dibuatin sama orangtuanya, atau karena malu anak kita enggak bisa Bahasa Indonesia, bisanya bahasa Inggris dan Prancis.

Kak Seto mendirikan Home Schooling itu karena dia tahu kalau Si Komo enggak bisa masuk SD di seberang jalan. Kalau Si Komo dipaksain masuk SD, sudah pasti jalanan jadi macet, Si Komo akhirnya ditangkap Polisi dan dipenjara di Nusakambangan sekamar sama bandar narkoba dan koruptor.

Kak Seto enggak mau si Komo nanti kalau sudah besar jadi Bandar Narkoba atau Koruptor, mending kalau dia jadi Bandar Beras atau Bandar seribegawan. Yang jelas Kak Seto sudah bisa membaca masa depan si Komo. Makanya dia mendirikan Home Schooling bagi anak-anak yang suka bikin jalanan macet seperti pengamen jalanan, pedagang asongan, bandar tahu, dan bandar buah.

Kembali ke anomali lagu anak, seribu kesalahan telah berulang dilakukan dan turun temurun. Bagaimana Tidak, gue pun sudah melakukan ini sama anak gue, gue ngajarin lagu Bintang Kecil sama anak gue, dan selama ini gue belum bisa improve lagu anak tersebut karena liriknya sederhana dan mudah diingat. Akan tetapi itu salah, coba kita cek, di bait awal lagu Bintang Kecil Dilangit yang Biru.

Mungkin liriknya harus diganti jadi Bintang kecil di langit yang gelap. Kenapa Gelap? Kalau bintang itu muncul di malam hari ketika langit gelap. Kalu langit berwarna biru itu siang hari, dan sampai sekarang gue enggak nemuin bintang ketika siang kecuali bintang film.

2 komentar:

  1. Wah keren analisanya! :)

    Itu bisa jadi benar jika yang dimaksud bintang adalah benda langit bersinar dengan sudut lima (seperti yang biasa kita lihat di topi seorang jendral TNI atau polri). Tapi, berhubung matahari juga bintang (karena mengeluarkan cahayanya sendiri, bukan memantulkan sinar dari benda langit lainnya dan tidak bersudut lima), maka bait awal lagu bintang kecil di atas adalah absah dan tidak mengandung kesalahan.

    Matahari tidak kelihatan ketika malam hari, tapi ia sering terlihat jelas ketika siang hari dengan warna langit yang biru.

    Saya bersyukur si pengarang lagu tidak membuat liriknya seperti ini, "Banyak bintang kecil di langit yang biru..." sebab matahari hanya satu dalam sistem tata surya kita. hehehehe...

    So, gak usah khawatir atau takut mengajarkan bernyanyi lagu bintang kecil tersebut pada adik atau anak kita. Itu lebih baik dari pada mengajari mereka dengan lagu-lagu yang tidak sesuai dengan usianya.

    BalasHapus
  2. hahaha keren amat agan jadi pingin tertawa terbahakbahak hahaha

    BalasHapus