Selasa, 22 April 2014

Sekolah Taman Kanak-Kanak

Saya kaget dengan obrolan seorang ibu yang memiliki anak TK bernama Budi terhadap ibu yang lain yang memiliki putra bernama Arfa Bahy Ardhani.






Ibu Budi : “Bu, jangan menyekolahkan anak di TK itu! Banyak mainnya bu, enggak bener, mending sekolah di TK yang sekarang Budi sekolah. Di TK ini, Budi pun sudah pandai membaca dan menulis,

Ibu Arfa : “Owh iyah Bu makasih informasinya, nanti saya diskusikan hal ini sama Bapaknya anak!”

Mendengar kata pandai membaca dan menulis memang hebat dan itu tujuan dari pendidikan, mendidik anak supaya bisa membaca dan menulis. Akan tetapi, apakah benar anak TK harus sudah bisa membaca dan menulis. Bagaimana kalau nanti dia masuk SD , apakah dampak psikologisnya terhadap anak? Kadang kalau seorang anak sudah terbiasa membaca dan menulis sedari TK, mungkin kejenuhan akan muncul ketika dia masuk SD.

Di pendidikan SD pun sudah jelas bahwa si anak pasti diajarkan membaca dan menulis? Bagaimana dengan hakikat tugas sebenarnya pendidikan Taman Kanak-kanak. Namanya saja sudah TK atau Sekolah Taman Kanak-kanak. Seorang anak yang masuk TK tujuan orangtuanya adalah ingin agar si anak dapat bersosialisasi dengan anak-anak lainnya.

Kalau bersosialisasi biasanya diawali dengan bermain, di usia anak yang masih senang bermain sudah sewajarnya di TK anak diperbanyak bermain diluar kelas, ditaman, atau dilapangan luas. Enggak perlu belajar di ruangan kelas karena nanti waktu SD biasanya anak lebih banyak difokuskan di kelas.

Jadi maksud saya menulis tulisan diatas dan mungkin Anda-anda pun sependapat dengan saya, Paradigma pemikiran orangtua harus kembali kepada arti dari Sekolah Taman Kanak-kanak itu sendiri bukan bernafsu ingin supaya anak lebih pintar dan cerdas sejak dini.

Kecerdasan dan kepandaian seorang anak akan tumbuh ketika mereka mengetahui apa arti hidup sebenarnya. Biarkan seorang anak mengalami masa-masa kekanak-kanakannya, biarkan mereka merasakan apa yang seharusnya mereka rasakan sedari kecil.

So.. Let the children laughter seperti pada lagu Whitney Houston “The Greatest Love Of Alland Make a better world and a better geeration.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar