Rabu, 25 Juni 2014

Effect Piala Dunia 2014 Terhadap Dunia Blogger

Demam Piala Dunia memang melanda hampir di semua wilayah negara di dunia. Kemeriahan Piala Dunia membuat ratusan juta masyarakat dunia fokus ke perhelatan akbar sepak bola sejagat. Bagi penggila sepak bola rela begadang demi menyaksikan tontonan live timnas kesayangan mereka berlaga di World Cup 2014.

Dunia dipenuhi dengan kemeriahan pesta sepak bola empat tahunan ini, termasuk di Indonesia, sampai ada satu desa yang mendekorasi setiap rumah penduduknya dengan bendera-bendera timnas kesayangan mereka.

Kemeriahan piala dunia memang merambah ke dunia internet. Tidak bisa dipungkiri, informasi seputar berita dan up date pertandingan sampai skor akhir semua bisa dilihat dari internet jika kita ketiduran dan lupa menyaksikan laga seru piala dunia 2014.



Dunia internet sekarang ini terpusat kepada berita Piala Dunia Brasil. Namun, imbas dari terpusatnya dunia internet ke ranah ajang piala dunia Brasil ini memberikan pengaruh yang kurang positif bagi dunia blogger terutama bagi blogger pemula seperti saya.

Imbasnya, blog yang saya kelola mengalami penurunan traffic atau terjadi penurunan kunjungan sampai setengah kali lipat dari hari-hari biasa sebelum Piala Dunia Brasil dimulai. Sudah hampir seminggu lebih blog yang dikelola mengalami penurunan kunjungan (Page View) meskipun saya sudah berusaha up date terus setiap hari bahkan dengan postingan yang relevan seputar Piala Dunia Brasil.

Apakah benar ada pengaruh signifikan seputar Piala Dunia Brasil terhadap penurunan pageview blog? Belum ada jawaban yang tepat dan akurat yang disertai bukti dan teori yang pasti mengenai dampak negatif perhelatan akabar sepak bola sejagat ini terhadap dunia internet terutama bagi dunianya para blogger.

Mungkin bagi blogger terkenal, Piala Dunia kali ini bisa meningkatkan traffic pageview mereka dua kali lipat. Atau bahkan bisa meningkatkan pendapatan adsense mereka di blog yang dikelolanya karena pengaruh dari ajang sepak bola terbesar abad ini.

Apapun alasan dan jawaban mengenai ada tidaknya atau sebab akibat dari adanya demam Piala Dunia kali ini mudah-mudaham para blogger tetap semangat dan terus eksis di dunianya. Teruslah berkarya dan mudah-mudahan semua kerja keras dan usahanya diridhoi Alloh swt. Amiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar