Sabtu, 28 Juni 2014

Jalan Menuju Kemenangan

Jalan menuju kemenangan di awali dengan niat yang tulus, ikhlas, dan memasrahkan seluruh jiwa dan raga kita kepada sang khaliq. Begitu pun dengan hari besar kemenangan umat Islam hari raya Idul fitri. Jalan untuk menapaki tangga kemenangan di hari yang fitri adalah melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

Bulan suci ramadhan telah tiba, seluruh umat muslim di dunia diwajibkan melaksanakan salah satu rukun Islam yang ke-4 ini sebagai perwujudan rasa syukur kita kepada Alloh swt dan pengabdian yang tulus sebagai hamba yang taat dan patuh akan perintah-perintah-Nya.



Bulan suci Ramdhan disebut juga bulan puasa karena selama satu bulan kita melaksanakan shaum, menahan diri dari nafsu makan, minum, dan bergaul dengan istri di siang hari. Ketika malam tiba dan suara Adzan Maghrib berkumandang kita diwajibkan berbuka puasa tanda selesainya proses ibadah puasa untuk satu hari.

30 hari kita berpuasa di siang hari dan malamnya kita berbuka, sebelum adzan subuh berkumandang kita disunatkan melaksanakan sahur untuk menyempurnakan puasa kita di siang hari. Sungguh beruntung dan berbahagialah bagi mereka yang sempurna melaksanakan shaum di Bulan Suci Ramadhan.

Dan sungguh merugi orang yang tidak menjalankan ibadah puasa bagi umat Islam karena di dalamnya terdapat pahala yang berlipat ganda, curahan ampunan, curahan rahmat atau kasih sayang dari Alloh swt, dan curahan rizki yang berlimpah dari jalan-jalan yang tidak kita duga sebelumnya.

Ribuan tantangan puasa dan ribuan gangguan untuk menggoyahkan keimanan kita kepada Alloh swt pasti menghujam setiap pribadi umat muslim yang melaksanakan puasa nanti ditengah-tengah tantangan kemajuan jaman yang modern dan banyak godaan. Namun, teguhkan niat, kuatkan tekad, dan perkuat keyakinan agar kita terhindar dari segala macam godaan dan rintangan yang menghadang.

Selamat menjalankan ibadah puasa, mudah-mudahan kita semua selaku umat muslim di Indonesia dapat menyempurnakan ibadah puasa kita selama 30 hari kedepan. Dan mudah-mudahan kita mendapatkan pahala dari puasa yang kita jalani berlipat ganda sebagai bekal kita menuju akhirat nanti. Amiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar