Rabu, 18 Juni 2014

Solusi Kurang Tidur Saat Nonton Piala Dunia 2014

Perbedaan waktu tayang jadwal Piala Dunia 2014 Brazil memang mengharuskan para penggila dunia sepak bola  mengatur pola kebiasaan tidur mereka. Tak jarang dari mereka banyak yang memaksakan diri untuk begadang demi menyaksikan timnas kesayangannya tampil live di layar kaca.

Termasuk di Indonesia sendiri, para penggila bola tanah air banyak bergadang sampai dini hari menunggu tim kesayangannya tampil live di Brazil. Katanya kalau menonton siaran ulang itu enggak seru dan tidak ada gregetnya sama sekali, kalau peribahasa kerennya sih bagai sayur tanpa garam.



Namun jangan salah, begadang boleh saja asal ada perlunya? Kata Rhoma Irama, meskipun kita perlu sekali begadang untuk menonton bola, tapi jangan sampai keseringan atau berlebihan karena bisa fatal bagi kesehatan tubuh manusia. Tulisan kali ini saya akan membahas solusi kurang tidur karena begadang.

Anda kalau pencinta bola pasti tahu siapa almarhum Ricky Joe? Ricky Joe adalah salah satu presenter bola tanah air yang cukup terkenal, namun dia meninggal di usia masih cukup muda dan konon menurut berita, Ricky Joe meninggal dunia karena sering begadang sampai larut malam karena tuntutan tugas sebagai presenter bola di berbagai stasiun televisi nasional.

Akibat beradang terlalu sering maka penyakit pun banyak berdatangan menghampiri kita. 10 Akibat fatal dari terlalu sering begadang atau kurang tidur adalah:
  1. Penyakit Jantung, kurang tidur menyebabkan meningkatnya intensitas penyakit Jantung
  2. Menurunkan daya tahan tubuh
  3. Mudah terbawa emosi karena emosi kita tidak stabil akibat kurang tidur
  4. Sulit untuk berfikir jernih karena kurangnya istrahat otak
  5. Lupa Ingatan karena otak diforsir terus bekerja tanpa henti
  6. Memicu kegemukan karena kalau kurang tidur bawaanya lapar terus
  7. Menyebabkan penyakit diabetes
  8. Menyebabkan kebutaan pada mata, mata sayu akibat keseringan bergadang dan kurang tidur bisa menyebabkan kebutaan karena mata terlalu sering terkena radiasi dan pancaran cahaya televisi yang cukup fatal bagi kesehatan mata
  9. Wajah pucat dan bisa menyebabkan penuaan pada kulit wajah. Wajah tampak kelihatan tua dan cepat keriput.
  10. Kulit tubuh menjadi gelap dan tidak tampak cerah karena terhambatnya pergantian atau regenerasi sel kulit karena tubuh tidak istirahat.
Nah, kasus meninggal karena begadang kini mulai marak terjadi di beberapa negara seperti Tiongkok China, Shanghai, Hongkong, dll. Menurut berita yang didapat, masyarakat kawasan Asia yang perbedaan waktunya sangat berlawanan dengan negara Brazil lebih rentan meninggal dunia karena begadang menonton perhelatan akbar empat tahunan ini.

Seperti dilansir kantor berita Tiongkok, Xinhua, menurut artikel di koran PR hari ini, ada seorang pria berusia 25 tahun yang berasal dari Suzhou, kawasan dekat Shanghai, dilaporkan telah meninggalkan alam nyata setelah begadang selama dua hari dua malam berturut-turut hanya untuk menyaksikan Piala Dunia Brasil.

Pria tersebut dikabarkan meninggal dunia setelah ditemukan tewas di depan televisi rumah tempat tinggalnya beberapa saat setelah menyaksikan laga spektakuler Bigmatch antara Spanyol kontra Belanda yang berakhir dengan skor 1-5 untuk kemenangan Timnas Kincir Angin.

Solusi kurang tidur atau begadang yang paling mujarab apa? Jangan begadang, kalau tubuh anda tidak kuat jangan paksakan diri untuk terus begadang. Istirahat yang cukup, berolahraga secara tertaur minimal 3 kali dalam seminggu, dan asupan makanan teratur dan bergizi itulah solusi mengatasi gejala kurang tidur atau keseringan begadang.

Jangan memaksakan menonton Piala Dunia secara live jika tubuh kita tidak kuat. Tonton aja siaran ulangnya di TVone. Kesehatan itu mahal harganya, lebih mahal dari sekadar beli satu bungkus kacang dan sebotol minuman pemuas lapar dan dahaga saat begadang nonton Piala Dunia 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar