Sabtu, 05 Juli 2014

10 Penyesalan Manusia Di Bulan Ramadhan

Manusia memang gudangnya salah dan dosa. Manusia itu tak luput dari ribuan dosa dan ribuan kesalahan yang sering dilakukan dan diperbuat. Bulan suci ramadhan telah datang, setelah sebelumnya kita seringkali melakukan dosa dan kesalahan, insyaallah jika kita bersungguh sungguh berpuasa di Bulan Ramadhan, seluruh dosa dan kesalahan kita baik karena khilaf atau disengaja, mudah-mudahan dapat terbakar di siang hari di tengah teriknya Matahari yang membakar dosa dan kesalahan manusia di bulan-bulan sebelumnya.

Bulan suci ramadhan adalah bulan seratus manfaat, manfaat untuk perubahan sikap dan perilaku kita yang tadinya urakan menjadi lebih baik. Manfaat untuk kesehatan, setidaknya puasa mengajarkan kita untuk menerapkan pola hidup sehat baik jasmani maupun rohani.



Selain itu, Bulan Ramadhan adalah bulan yang tepat untuk kita mengingat dan menghitung kembali ratusan dosa dan kesalahan yang kita perbuat. Bentuk pengingatan kembali akan dosa dan kesalahan adalah dengan ber-itikaf, ber-tafakur, dan ber-dzikir.

Tidak ada penyesalan yang tidak akan dimaafkan oleh Sang Maha Pencipta selama Dunia Belum Kiamat. Sebab jika penyesalan dilakukan setelah ajal menghampiri kita atau setelah hari kiamat terjadi. Maka dalam surat Muhammad ayat 12 Alloh swt telah mengingatkan kita yaitu:
Apalah arti kesadaran mereka, jika kiamat sudah terjadi.
Seratus penyesalan akan dosa dan kesalahan akan bernilai taubat jika dilakukan sebelum ajal menjemput atau dunia berakhir. Jika sesudah kiamat terjadi, maka penyesalan kita adalah sia-sia belaka dan tidak ada ampunan dari Alloh swt.

Penyesalan akan dosa dan kesalahan ada baiknya dilakukan selama Bulan Suci Ramadhan ini. Ber-dzikir di malam hari, beritikaf di Mesjid, dan bertafakur adalah salah satu cara untuk menyadari semua kesalahan dan dosa yang kita perbuat.

Jika kita dilupakan atau dibutakan setan akan banyak dosa dan kesalahan, berikut adalah 10 penyesalan manusia yang bisa mengingatkan kita kembali sehingga kita mau bertaubat di bulan suci ramadhan tahun ini:

  1. Penyesalan Akan lalainya kewajiban kita selaku umat Islam yang jauh dari Ibadah shalat fardhu.
  2. Penyesalan puasa tahun-tahun sebelumnya sering bolong-bolong tidak tamat puasa.
  3. Penyesalan karena sifat kita yang kikir atau pelit dan bersifat acuh tak acuh terhadap orang yang mau meminta pertolongan kepada kita.
  4. Penyesalan karena kita pernah menganiaya atau berbuat dzalim kepada tetangga, saudara, orang lain.
  5. Penyesalan karena kita sibuk mengurusi urusan duniawi dan urusan akhirat sudah dilupakan.
  6. Penyesalan karena kita tidak pernah patuh sama orang tua dan egois.
  7. Penyesalan karena kita sering menyakiti orang tua terutama Ibu kita.
  8. Penyesalan karena kita tidak pernah bersedekah kepada fakir miskin dan anak yatim.
  9. Penyesalan karena kita tidak pernah mendengar nasihat orang tua, saudara, dan orang lain yang peduli sama kita.
  10. Penyesalan akan sifat kita yang tidak pernah jujur dan berterus terang kepada keluarga, teman, saudara, dan orang lain.

10 penyesalan manusia diatas adalah sebagai pengingat kita selama kita masih diberikan waktu dan umur sampai sekarang. Tidak ada kata terlambat sebelum ajal datang. Penyesalan itu akan menjadi sebuah pengubah jalan hidup kita ke depan jika kita mau meminta maaf kepada orang-orang yang pernah di-dzalimi, dianiaya, dan disakiti oleh kita.

Bulan puasa adalah bulan yang sangat baik untuk bermuhasabah dan mau bersilaturahmi kepada keluarga, teman, saudara, dan orang-orang yang pernah menjadi bagian dari kehidupan anda. Mudah-mudahan di bulan puasa kali ini kita menjadi pribadi-pribadi yang baru dan kembali kepada fitrah. Amiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar