Sabtu, 05 Juli 2014

Debat Final Pemilu Presiden 2014

Hotel Bidakara Jakarta menjadi saksi bisu perhelatan Debat Final Pemilu Presiden 2014. Suguhan lagu Rayuan Pualu kelapa, Indonesia Pusaka yang dibawakan oleh artis papan atas Rio Febrian mengawali serunya debat final Calon Presiden. Para kandidat calon presiden  fokus kepada Tema kelima debat Pemilu Presiden yaitu tentang ketahanan pangan, kedaulatan energi dan ketahanan lingkungan.

Husni Kamil Manik sebagai Ketua KPU menuturkan dan menginformasikan kepada semua audiens bahwa kegiatan kampanye pemilu presiden diselenggarakan terakhir hari ini, dan mulai jam 00.00 WIB seluruh kegiatan kampanye harus ditutup, semua atribut-atribut kampanye yang memenuhi ruas-ruas jalanan di Indonesia harus dicopot karena besok sampai hari H Pemilu Presiden tanggal 9 Juli 2014 adalah minggu tenang.



Berikut adalah beberapa liputan orasi debat final para kandidat calon presiden Indonesia 2014 di segmen satu s.d tiga:

Strategi Ketahanan Pangan

Muhammad Jusuf Kala dalam orasinya berjanjji bahwa untuk meningkatkan ketahanan pangan kubu nomor urut dua kandidat presiden dan wakil presiden ini akan menyediakan satu juta hektar lahan pertanian untuk menghindari krisis pangan di masa datang.

Sementara Orasinya Hatta Rajasa dari kubu nomor urut satu Prabowo Hatta berjanjji akan memelihara dan melestarikan alam dan lingkungan yang ada. Alam dan lingkungan Indonesia bukanlah warisan nenek moyang akan tetapi kekayaan alam yang harus kita pelihara bukan untuk digunakan semena-mena untuk keuntungan pribadi.

Industri pengolahan pasca panen adalah permasalahan yang seringkali terjadi di Indonesia. Para petani sebetulnya mudah diarahkan, yang akan dilakukan kubu Jokowi adalah menyiapkan pasar dan alat mesin yang dibutuhkan untuk para petani. Seperti petani pepaya, melon, dan semangka. Seperti mesin ekstrak Jus yang bisa disediakan pemerintah sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan daya jual petani di pasar.

Prabowo berorasi mengenai Lahan pertanian yang semakin menurun di Indonesia memang menjadi kendala produktifitas pertanian dan ini adalah tantangan bagi kami kubu Prabowo. Prabowo menuturkan menurut informasi Kementrian pertanian sekitar 730.000 hektar lahan pertanian hilang. Prabowo merencanakan akan menambah 2 juta hektar sawah baru untuk menutupi hilangnya lahan sawah menurut data kementrian pertanian tersebut agar produktifitas pertanian meningkat.

Salah satu penekanan Prabowo untuk mengatasi berbagai masalah peningkatan produksi pertanian adalah memperbaiki jenis pupuk dengan jenis pupuk yang majemuk, yang spesifik untuk meningkatkan produktifitas pangan. Satu pupuk untuk satu produk pertanian bukan satu pupuk untuk semua produksi pertanian, pemerintah akan menyediakan dan memfasilitasi pupuk Jagung untuk produksi pertanian jagung, pupuk padi untuk produksi padi, jadi satu pupuk satu produksi pertanian.

Kedaulatan energi

Strategi Prabowo Hatta:

  1. Cadangan energi
  2. Mengembangkan sumur-sumur yang tua
  3. Diversifikasi energi
  4. Penghematan energi agar enegri tetap sustainable atau berkelanjutan

Tahun 2020 Prabowo Hatta berjanjji akan meningkatkan kedaulatan energi sampai 20 persen.

Kubu Jokowi
Energi yang sangat melimpah di negara ini, BBM harus dikonversi ke gas, karena jauh lebih murah dan bisa mengurangi beban subsidi BBM.

Setelah mengetahui beberapa orasi para kandidat calon presiden dan wakil presiden Indonesia di debat final, mudah-mudahan kita menjadi lebih terang mengenai calon pemimpin pilihan kita. Jika kita ingin maju dan lebih baik maka bantulah para calon pemimpin kita untuk membangun bangsa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar