Jumat, 04 Juli 2014

Mendadak Religius Di Bulan Puasa

Kalau kata Fitri Tropika sih konon katanya segala sesuatu yang baik itu enggak selalu bagus buat kita contohnya buah Apel, Anggur, dan Sirsak, itu bisa bikin sakit karena sesakit sakitnya diapelin atau sebete betenya dianggurin lebih sakit kena sirsak api neraka di hari kiamat nanti. Jadi menurut Fitri Tropika jangan melihat sesuatu itu dari kacamata buayanya saja, tapi lihatlah sesuatu itu dari kacamata proses dan hasilnya.

Emang segala sesuatu yang kita konsumsi baik sebenarnya akan memberi manfaat baik pula buat diri kita sendiri. Puasa adalah baik untuk kesehatan tubuh kalau kita melakukan salah satu rukun Islam yang keempat ini sesuai dengan aturan dan perintah Alloh swt. Kalau berlebihan maka manfaat puasa itu tidak ada, puasa bukan jadi baik dan bermanfaat buat kesehatan malah sebaliknya akan merugikan diri kita sendiri.

Karena ingin melebihi rekor MURI dan ingin lebih mendapat pahala yang berlipat double, konon katanya ada yang puasa sehari semalam tanpa makan minum dan asupan makanan bergizi empat sehat lima sempurna. Itu sih tidak ada aturan dan hukumnya dalam Islam, yang ada malah merugikan diri sendiri dan bisa membuat tubuh anda tidak sehat.

Resep puasa sehat alami adalah melaksanakan puasa itu dengan menikmati setiap detik dan menit puasa kita. Nikmatnya puasa adalah kita bisa merasakan betapa kelaparan itu memang menyakitkan perut, melemaskan tubuh, membuat mata pucat, wajah pias dan pucat pasi. Puasa itu kenikmatan bagi orang yang mau peduli akan kesengsaraan dan kelaparan orang-orang miskin di sekitar kita.



Dengan puasa, kita bisa semakin peduli dan peka akan kehidupan masyarakat sekitar. Bukannya puasa membuat anda mendadak religius dan berbuntut ria dan sombong. Sudah kelaparan malah sombong, yang ada elo lapar dan lemas terus duit anda dirampok orang semakin lengkaplah penderitaan anda ini.

Mendadak religius di Bulan Puasa sih oke-oke saja, namun, kita tetap harus rendah hati dan sederhana. Puasa mengajarkan kesederhanaan bukan menyuruh kita untuk berlebihan. Karena berpuasa, banyak orang yang semakin konsumtif dan malah semakin boros mengeluarkan uang untuk mencari makanan pembuka, makanan berbuka, dan makanan penutup sahur.

Ramai orang-orang mempersiapkan diri mencari menu makanan berpuasa berbeda-beda setiap hari katanya agar puasanya lebih mantap dan lebih niat berpuasa. Kalau sahurnya enggak enak jadi malas ah puasanya. Hakikat puasa adalah melatih mental sederhana dan merubah kebiasaan buruk. Kebiasaan manusia yang tidak baik seperti pola hidup konsumtif dan gaya hidup hedonis bisa dirubah namun tidak dalam waktu yang singkta.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa merubah kebiasaan manusia yang tidak baik itu perlu waktu setidaknya satu bulan. Puasa adalah salah satu jalan untuk merubah kebiasaan tidak baik menjadi baik. Jika anda di bulan Puasa malah lebih konsumtif itu tentu tidak wajar dan hakikat puasa tidak anda pahami betul.

Pada intnya Resep Puasa itu adalah kembali kepada kebersihan dan kebeningan hati kalau istilah agamanya kembali kepada Fitrah atau suci. Kebiasaan tidak baik insyaalloh bisa dihilangkan jika anda menikmati beberapa resep puasa diatas. Mudah-mudahan bulan puasa kali ini bisa membawa anda kepada perubahan yang baik untuk kenyamanan dan kebersihan hati dan pikiran.

1 komentar:

  1. Terima kasih sudah berbagi informasi menarik dan bermanfaatnya
    Tetap semangat untuk share info yang lainnya!!!!

    BalasHapus