Senin, 21 Juli 2014

Nikmatnya Berpuasa Di Bulan Suci Ramadhan

Menulis ketika perut lapar atau lagi keroncongan memang terlalu memaksa diri. Sudah jelas-jelas perut lapar, kepala pun agak pening, bagaimana mau menulis yang baik dan menarik sementara energi dalam otak kita tuh sedang mengalami penurunan hampir 60 persen.

Terlalu memaksakan diri mungkin hal yang pantas diibaratkan kepada seorang penulis yang selalu ingin menulis sampai akhir hayatnya. Menulis itu seperti mengutarakan suasana, situasi, dan kondisi hati kita saat ini. Kalau hati kita lagi dipenuhi kebencian, maka tulisan pun akan keluar seperti kebencian kita terhadap aksi negara zionis Israel yang telah membunuh ratusan penduduk Palestina yang tidak berdosa.



Kalau hati kita lagi bersuka cita atau gembira, nah ini banyak macamnya, siapa tahu hati kita lagi riang gembira karena baru dapat Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan. Bagaimanapun THR adalah wajib dibayarkan karena itulah bentuk kasih sayang seorang manager perusahaan terhadap para karyawannya.

Ada juga kalau suasana hati kita lagi gembira, biasanya karena istri kita sedang hamil, atau kita lagi menang undian berhadiah motor. Bisa saja hati kita gembira karena kita sedang mudik lebaran ke kampung halaman.

Menulis itu tergantung suasana hati, kalau kita sedang jatuh cinta, tulisan pun akan berubah menjadi sejuta puisi indah dan sejuta pantun cinta untuk sang kekasih. Kalau suasana hati sedang galau, isi tulisan pun akan berubah seputar kegalauan jiwa, tulisan yang mengandung penyesalan jiwa atau terkadang blaming something without the reason.

Namun, tiada kenikmatan yang begitu indah kecuali kita menahan lapar dan haus ketika beribadah puasa di bulan suci ramadhan ini. Waktu menjelang maghrib memang saat-saat rasa lapar itu menyengat dan ngoet kalau dalam bahasa Sundanya. Akan tetapi, kalau ramadhan sudah lewat, mungkin kenikmatan Ngoet ini sudah terlupakan dan hanya setahun sekali kita rasakan.

Apapaun adanya dirimu, bebaskan pikiran negatif, isi dengan hal yang positif dan jauhi Narkoba karena itu bisa membatalkan puasa anda. Selamat beribadah puasa di bulan suci ramadhan dan mudah-mudahan amal kita diterima oleh Alloh swt. Amiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar