Sabtu, 04 Oktober 2014

Selamat Hari Raya Idul Adha

Anda sudah beli baju baru belum, atau mungkin tiap hari anda suka pergi shooping dan baju baru sudah biasa dibeli. Hari lebaran identik dengan pakaian baru, celana baru, sepatu baru, peci baru, tapi jangan sampai anda punya istri baru atau kekasih baru. Hari lebaran memang istimewa dan merupakan hari kemenangan besar umat muslim di dunia.

Begitu banyak berkah dan rejeki atau nikmat yang telah Alloh swt anugerahkan kepada kita terutama di hari lebaran. Apalagi hari lebaran haji atau Hari Idul Adha, seluruh umat muslim akan merasakan nikmatnya sate kambing atau sate sapi yang secara serentak menjadi hidangan utama hari lebaran haji. Menyantap sate kambing atau sate sapi memang terasa nikmat apalagi bersama keluarga dan kerabat dekat yang saat itu juga berkumpul bersama di hari yang penuh berkah dan merupakan hari besar umat muslim mengenang sejarah salah satu nabi dan rasul kita Nabi Ismail as dan Ismail as Putranya, yang telah diuji nyali dan diuji keimanan mereka.



Flashback sejarah Nabi Ibrahim as dan Putra tercintanya nabi Ismail. Ketika itu Nabi Ibrahim diperintah Alloh swt untuk menyembelih anak kesayangannya lewat tabir mimpi. Ujian keimanan pun datang kepada dua orang yang bertitel nabi tersebut. Namun, keduanya memang seorang Nabi dan Rasul yang sangat tunduk dan patuh kepada Sang Khaliq, Pada akhirnya mereka pun pergi ke sutau tempat untuk menyelesaikan ujian keimanan yang dilimpahkan dari Tuhannya.

Karena kuatnya keimanan kedua Nabi tersebut, upacara penyembelihan Nabi Ismail pun seketika berubah menjadi penyembelihan seekor kambing yang sangat gemuk. Dan itulah tanda-tanda kekuasaan Alloh swt yang diperlihatkan kepada dua Nabi besar umat Muslim sebagai perwujudan keimanan yang hakiki.

Hari lebaran haji atau Hari raya Idul adha adalah hari dimana semua umat muslim yang merasa diri mampu diuji keimanannya untuk berkurban sebagai wujud penghambaan sejati kepada Sang Khaliq berdasar napak tilas sejarah dua Nabi besar diatas. Hari lebaran haji adalah hari kedermawanan karena pada hari tersebut, hewan kurban yang disembelih, daging dan semua yang ada di hewan kurban tersebut akan dibagikan kepada masyarakat kurang mampu.

Dalam hal ini, masyarakat tidak mampu yang biasanya makan seadanya dan dalam beberapa bulan belum pernah mncicipi nikmatnya daging kambing atau sapi, berkahnya Idul Adha adalah mereka bisa sekali dalam setahun menikmati daging empuk hewan kurban tersebut.

Selamat Hari raya Idul Adha, semoga kurban Anda mendapat ganjaran dan pahala yang berlipat ganda dari Alloh Swt. Amiin....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar