Minggu, 24 Mei 2015

Cara Membedakan Beras Asli

Beras Sintetis atau Beras Plastik menjadi momok menakutkan masyarakat Indonesia akhir-akhir ini. Setelah kemarin isu Beras Palsu yang memakai bahan plastik ditemukan di daerah sekitar Pasar Kosambi Bandung. Berita Beras Palsu kembali terkuak di daerah Jawa Timur kalau enggak salah, menurut laporan salah satu masyarakat yang menjadi korban Beras Palsu di media televisi.

Ketika ditanya mengenai rasa Beras Plastik ini, salah satu korban mengatakan rasanya hambar. Beras Palsu yang berbahan plastik sintetis memang menjadi berita hangat di media saat ini. Masyarakat menjadi semakin resah terhadap Beras Sintetis yang mulai beredar di Pasaran.



Pertanyaan yang mungkin muncul, Bagaimana cara membedakan Beras Plastik dengan Beras Asli? Ini yang harus menjadi catatan penting masyarakat agar tidak mudah tertipu dengan peredaran Beras Abal-abal. Masyarakat harus berhati-hati terhadap oknum yang menjual Beras Palsu ini.

Mengutip dari salah satu berita di stasiun Televisi swasta, ada 7 Cara membedakan Beras Asli dengan Beras Plastik adalah :
  1. Jika ditekan ujung sisi beras, kalau beras palsu lebih lentur, kalau Beras Asli tentu keras dan tidak lentur.
  2. Bentuk Beras Palsu lebih lonjong , sedangkan Beras Asli lebih runcing dan sedikit tajam diujungnya.
  3. Jika dibakar Api Beras Palsu yang terbuat dari Sintetis langsung meleleh, sedangkan Beras Asli tidak tapi berwarna hitam karena hangus terbakar.
  4. Jika di masukan kedalam air Beras Sintetis atau Beras Palsu mengambang, sedangkan Beras Asli cenderung didalam air karena mempunyai Berat jenis lebih besar.
  5. Beras Sintetis atau Beras Palsu lebih cerah jika disinari dan Beras Asli tidak.
  6. Beras Palsu jika disetrika akan menempel dan meleleh, sedangkan Beras Asli tidak menempel.
  7. Beras Palsu ketika matang dalam Penanak Nasi tidak akan membentuk butir-butir nasi karena Beras Palsu berbahan sintetis ini akan saling menyatu dan tidak akan menjadi butir-butir nasi yang utuh, kalau Beras Asli kelihatan setelah matang, butir-butir nasi masih utuh.
Satu hal lagi cara membedakan Beras Asli atau Palsu biasanya Beras Palsu dijual murah tidak seperti Beras Asli. Akan tetapi, tetap saja kita harus lebih berhati-hati terhadap peredaran Beras Sintetis ini. Jangan sampai tertipu karena Beras Plastik ini bisa merusak Tubuh kita karena kandungan Zat Kimia (Bahan Pembuat Pipa dan Polifinil) yang terkandung di dalam Beras berbahan sintetis ini.

Lebih baik kita memilah-milah dulu, bertanya-tanya dulu, dan kalau bisa di tes langsung ditempat agar kita bisa tahu mana yang Beras Asli. Kita perlu mengacu kepada 7 cara Membedakan Beras Asli dan Beras Plastik diatas agar kita tidak terkena Zat Kimia dari Beras Sintetis.

Jika ada Beras yang dioplos, artinya Beras asli dicampur dengan Beras Plastik, cara membedakan mana yang Beras Asli atau Beras Plastik yang paling jitu adalah cara Nomor 4 dengan memasukan semua Beras yang kita Beli kedalam Air sebelum dimasak agar kita tahu mana yang harus dimasak mana yang tidak.

Itulah ke-7 Cara membedakan Beras Asli dengan Beras Plastik, semoga bermanfaat dan jika kita sudah berhati-hati dan melakukan langkah-langkah yang diambil, pasrahkan semua sama yang diatas. Mudah-mudahan kita diberikan makanan atau rejeki yang baik oleh Alloh. Amiin..

Daftar Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar