Senin, 25 Mei 2015

Teliti Sebelum Membeli

Teliti sebelum membeli adalah satu pesan yang harus  disebarkan ke seluruh masyarakat Indonesia agar waspada peredaran Beras Plastik. Berita terkini dari Kompas Tv adalah berita keracunan satu keluarga di Depok Jawa Barat di duga karena mengkonsumsi Beras Plastik.

Beras sejatinya Beras adalah konsumsi utama masyarakat Indonesia saat ini, kalau Orang Barat konsumsi utamanya adalah Roti, Susu, Sereal, dsb. Sedangkan Masyarakat Indonesia sebagian Besar tergantung kepada Beras. Agar tidak tertipu peredaran Beras Plastik di pasaran, sudah seharusnya kita teliti sebelum membeli.



Teliti dan selalu berhati-hati terhadap peredaran beras plastik karena ini bisa menyangkut nyawa hidup mati seseorang. Beras Plastik yang banyak mengandung unsur zat kimia bisa membahayakan tubuh kita. Bagaimana cara membedakan Beras itu Beras Plastik atau Beras Asli?

Ada 6 cara agar kita teliti sebelum membeli, antara lain :
  1. Ambil satu atau tiga sekaligus bulir beras yang mau dibeli, bakar oleh bensin atau korek api, jika beras itu Beras Plastik, tentu dia akan meleleh, kalau beras asli tentu tidak, hanya hitam saja.
  2. Ambil kawat atau besi kecil panjang, kemudian ujung besi tersebut dipanaskan dalam api, setelah ujung besi berwarna merah tanda panas, tempelkan ke gundukan beras, jika itu Beras Plastik, maka dia akan menempel ke besi karena Plastik bisa merekat ke besi jika dipanaskan.
  3. Jika salah satu bulir beras kita tekan antara ujung bulir beras tersebut oleh dua Jari (Ibu Jari dan Jari Manis), kalau itu Beras Plastik, tentu dia akan lentur dan bisa lepas, kalau Beras Asli, semakin ditekan, malah tangan kita yang sakit.
  4. Ambil beberapa bulir beras, kemudian kita gigit, kalau Beras Plastik, tentu tidak berasa apa-apa, kalau beras Asli pasti ada rasanya.
  5. Sebelum di masak, biasakan beras dicuci, dan masukan kedalam air secukupnya, jika Beras Plastik dia akan mengambang, sedangkan Beras Asli tidak karena Berat Jenisnya lebih besar.
  6. Beras Plastik Ujungnya Lonjong dan agak tumpul, sedangkan Beras Asli kedua ujungnya agak tajam.
Waspada Peredaran Beras Plastik, jangan tertipu harga murah beras, bisa jadi Beras Asli sudah dioplos dengan Beras Plastik. Semoga bermanfaat.

Daftar Artikel Terkait :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar