Kamis, 25 Juni 2015

100 Cara Bersyukur Kepada Alloh SWT

Ketika orang jauh dari Alloh, Hati menjadi gelisah galau tak menentu. Salah satu orang terkaya di dunia, Steve Jobs yang hartanya sampai 40 Milyar Dollar meninggal karena Kanker Pankreas. Kalau anda mau enggak menjual Pankreas atau ginjal anda kepada orang lain. Berapa uang yang anda minta? Saya yakin siapa pun enggak mau menjual organ yang ada di tubuh kita kepada orang lain meskipun harganya Milyaran.

Kita tanpa sadar sering menyepelekan tubuh kita yang tidak ternilai harganya. Seringkali anak muda jaman sekarang yang ugal-ugalan naik Motor merasa diri punya sembilan Nyawa tidak merasa takut ketabrak atau keserempet kendaraan lain. Tubuh kita sangat mahal dan selayaknya kita bersyukur kepada Sang Pencipta.



Dengan bersyukur, insyaalloh hidup kita menjadi tentram, bahagia, damai, dan menjadi bertaqwa kepada Tuhan. Bahagia baik di dunia maupun Akhirat. Tujuan utama Manusia adalah menuju Kampung Akhirat. Bersyukur adalah salah satu jalan agar setiap langkah dan perbuatan kita diridhoi oleh Alloh SWT.

Ada 100 cara bersyukur kepada Alloh SWT agar kita senantiasa hidup penuh makna dan tidak goyah iman:

  1. Selalu membaca doa setiap kita mengawali segala sesutau
  2. Awali segala sesuatu dengan niat positif karena niat yang baik selalu bernilai ibadah dan ganjarannya adalah Pahala
  3. Makan makanan yang baik dan halal agar tubuh kita selalu diasupi oleh makanan yang halal dan tidak boleh berlebihan
  4. Minum minuman yang baik dan halal dan yang paling utama adalah air putih, karena air putih memiliki manfaat terbaik untuk menetralisir racun dari makanan yang kita makan meskipun terkadang halal. Karena dalam makanan kita tidak akan tahu, bisa saja ada zat yang sangat beracun dan air putih adalah solusi terbaik untuk kesehatan tubuh.
  5. Sikapi hidup dengan berfikir positif dan tidak boleh mengeluh dengan keadaan
  6. Selalu berbagi agar kita kaya hati dan bersih hati dengan zakat, infak, dan Sedekah karena Alloh SWT.
  7. Berbuat baik kepada semua mahluk Alloh termasuk menyayangi dan mengasihi Hewan dan Tumbuhan di sekitar kita.
  8. Ziarah Kubur agar kita selalu ingat kepada Alloh dan kita semua pasti mati dan akan kembali kepada-Nya.
  9. Berdzikir kepada Alloh di dalam hati dimanapun kita berada karena jika hati kita selalu berdzikir insyaalloh setiap langkah kita akan menjadi bermanfaat.
  10. Mencintai diri sendiri dengan selalu berhati-hati dalam melangkah dan selalu waspada dan mawas diri.
  11. Ingatlah kebaikan orang lain dan sebarkanlah beritanya kepada dunia akan tetapi jangan mengingat kebaikan kita karena bisa jadi Riya atau sombong.
  12. Belajar untuk selalu mendapatkan ilmu karena Alloh akan meninggikan derajat orang yang berilmu dan percayalah dengan Ilmu, harta maupun kesuksesan bisa kita raih secara bersamaan.
  13. Hidup sederhana dan tidak bermegah-megahan, tidak berfoya-foya, dan tidak gemar memamerkan harta kekayaan kita kepada orang lain.
  14. Jangan berburuk sangka apalagi menggunjing atau membuat gosip yang jelek dan tidak benar terhadap orang lain. Menggunjing berarti sama saja dengan Anda memakan bangkai saudara Anda sendiri di mata Alloh SWT.
  15. Jangan menumpuk kekayaan, cukuplah untuk kita dan keluarga saja, jangan sampai 7 turunan kekayaan kita enggak akan habis, itu sama saja dengan menumpuk kekayaan. Rosululloh Muhammad SAW kaya ilmu bukan kaya harta, beliau hanya mewariskan ilmu kepada anak-anaknya dan isteri-isterinya karena Hidup seorang anak yang lahir ke dunia sudah diatur rejekinya, tinggal kita mendidik mereka supaya kelak dewasa mampu mencari rejekinya sendiri yang sudah diatur Alloh. Kalu kita menumpuk kekayaan untuk 7 turunan sama saja anda tidak percaya akan garis dan aturan Alloh yang telah mengatur rejeki semua mahluknya lewat perantara Malaikat Mikail di dunia. Sama saja anda seperti Qorun yang suka menumpuk harta dan Alloh pasti akan memberikan siksaan di Akhirat kelak. Naudzubillahhimindzalik.. Mudah-mudahan kita hidup tidak menumpuk harta, cukuplah untuk hidup satu keluarga tidak sampai 7 turunan karena menuju Kampung Akhirat sudah pasti Adzab Alloh kekal kepada mereka yang selalu menumpuk harta. Mereka tidak beriman karena tidak percaya Alloh dengan menumpuk harta sampai enggak habis 7 turunan.
  16. Jangan mengeluh ketika sakit, karena bisa jadi sakit itu adalah kifarat untuk menebus dosa-dosa kita di masa lalu. Jadikan sakit sebagai ujian dan bersabarlah seperti Nabi Ayyub as yang diuji 7 tahun penyakit Kulit yang sangat parah, namun tetap sabar menjalani ujian kesakitannya. Kita Cuma diuji satu minggu sakit saja sudah enggak karuan emosinya.
  17. Nikmati pekerjaan positif anda, jika kita menikmati dan melakukan yang terbaik untuk pekerjaan kita, Alloh akan mendatangkan rejeki yang lebih dari jalan yang tidak kita ketahui. Seperti saya, saya hanyalah seorang guru honorer dengan gaji yang sangat jauh dari UMR Kabupaten Bandung, tapi terus menikmati karena dengan menikmati dan ikhlas, rejeki itu datang sendiri dan saya tidak sadar bahwa Alloh sangat mencintai semua orang yang mau bekerja dengan ikhlas dan ridho.
  18. Tidur cukup agar kita selalu terjaga di kala fajar datang. Karena Limpahan rahmat itu di pagi hari dan insyaalloh siang harinya kita mendapatkan rejeki yang melimpah. Jangankan manusia, burung pun pergi pagi pulang sore telah diatur rejekinya sama Alloh.
  19. Perbanyaklah Ibadah sunat selain shalat wajib 5 waktu seperti Shalat Dhuha, Tahajud, Puasa Senin Kamis karena didalamnya terkandung rahmat Alloh dan pertolongan Alloh baik di dunia maupun di Akhirat dan tunggulah keajaiban rejeki pasti akan menghampiri anda selama anda mau berusaha mencarinya.
  20. Pakailah pakaian yang baik dan sopan karena dengan berpakaian yang baik perilaku kita insyaalloh akan baik pula.
  21. Wanita wajib berjilbab sebagai tanda bersyukur kita kepada Alloh, kalau anda sudah balig umur tapi tidak berjilbab, bayangkan dosa anda terus mengalir setiap hari menumpuk dan terus menumpuk. Mengapa Rosululloh Muhammad SAW ketika Isra Miraj melihat Neraka penuh dengan kaum Hawa, itu karena Wanita tidak sadar bahwa setiap hari ketika anda keluar rumah dan tidak berjilbab, dosanya terus mengalir. Naudzubillahimindzalik.. Mudah-mudahan kita semua menjaga isteri dan anak wanita kita agar selalu berjilbab dan menjaga kehormatan diri dan keluarga.
  22. Berolahraga secara teratur adalah salah satu cara bersyukur kita dalam menjaga tubuh kita sehat dan tidak mudah sakit.
  23. Berbicara yang baik dan tidak kasar
  24. Diam adalah salah satu cara bersyukur kepada Alloh jika kita marah dan kesal kepada orang lain.
  25. Menahan Nafsu adalah cara bersyukur sebagai perwujudan kesabaran kita sebagai orang yang beriman.
  26. Berkata jujur meskipun menyakitkan adalah salah satu cara bersyukur kita kepada Alloh.
  27. Menjauhi fitnah adalah salah satu cara bersyukur karena Fitnah itu lebih kejam dari Membunuh Isteri tetangga.
  28. Hormat dan santun kepada kedua orang tua kita.
  29. Beribadah shalat wajib tepat waktu
  30. Selalu membaca Al-Quran setiap hari
  31. Berlaku adil terhadap sesama
  32. Menghormati tetangga dan saudara adalah salah satu cara bersyukur kita kepada Alloh SWT
  33. Bersilaturahmi kepada sanak saudara kita
  34. Menjaga kebersihan rumah, lingkungan sekitar
  35. Tidak membuang sampah sembarangan salah satu cara bersyukur sebagai perwujudan iman kita Kepada Alloh (Kebersihan adalah bagian dari Iman)
  36. Tidak tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu karena kalau terburu-buru adalah teman setan
  37. Menggunakan Tangan Kanan untuk Makan dan tangan kiri untuk membasuh kotoran.
  38. Menggunakan Mata kita untuk melihat hal-hal yang baik
  39. Menggunakan Telinga kita untuk mendengar hal-hal yang baik
  40. Menggunakan kaki kita untuk melangkah ke jalan yang benar dan diridhoi Alloh
  41. Tidak Buang Air Kecil sembarangan, tempatnya adalah Toilet
  42. Tidak BAB sembarangan, tempatnya di WC atau Toilet
  43. Tidak bersin sembarangan, kalau bersin biasakan kedua telapak tangan kita menutupi agar tidak terkena orang lain atau dengan memakai tisu.
  44. Kalau kita menguap, tutuplah dengan kedua telapak tangan kita.
  45. Tidak meludah di sembarang tempat
  46. Tidak merusak tanaman atau pepohonan dengan niat jelek atau iseng karena mereka semua sama mahluk Alloh.
  47. Tidak memukul atau menendang Binatang, akan tetapi cukup di takut-takuti dengan berkata yang baik.
  48. Mengucapkan Subhanalloh atau Maha Suci Alloh setiap kita melihat hal-hal yang indah dan unik karena keindahan datangnya dari Alloh.
  49. Jika kita di puji, ucapkan Alhamdulillah karena segala pujian itu milik Alloh SWT.
  50. Melakukan Perdagangan yang halal dan Baik jangan menjual barang haram seperti Narkoba atau menjual Daging Babi yang sangat dilarang.
  51. Tidak mengurangi timbangan Jual Beli adalah salah satu cara bersyukur kita kepada Alloh.
  52. Tidak boleh memaksa dalam melakukan transaksi Jual Beli, Jual beli harus dilandasi dengan suka sama suka kalau salah satu tidak suka jangan dipaksa untuk suka karena dilarang Alloh.
  53. Beli barang yang memang sesuai kebutuhan dan tidak boleh berlebihan.
  54. Gunakan harta di jalan Alloh dan ingatlah bahwa di dalam harta dan kekayaan yang kita miliki ada sebagian kecil hak untuk orang miskin.
  55. Menyayangi Keluarga dan mendidik mereka supaya beriman kepada Alloh adalah salah satu cara bersyukur.
  56. Tidak memanjakan anak kita secara berlebihan dengan membelikan apapun yang mereka mau.
  57. Menahan diri untuk memberi kendaraan sesuai kebutuhan anak adalah salah satu cara bersyukur. Kadangkala di jaman sekarang, anak sd sudah diajarkan naik motor, mau jadi geng motor atau apa? Anak SD smp biasanya Sepeda, SMA boleh Pakai Motor tapi harus 17 Tahun dulu dan itupun kalau jarak ke sekolahnya memang agak jauh. Sesuaikan kebutuhan anak kita agar kita tidak terjebak dengan mental manja anak.
  58. Menyekolahkan anak ke Sekolah Agama adalah Penting dan sebagai salah satu cara bersyukur sekaligus membekali anak kita di masa depan agar dasar agama dipegang teguh sampai mereka dewasa dan tidak terjerumus ke dalam kemaksiatan dan dosa.
  59. Tidak pergi ke dukun atau orang pintar adalah salah satu cara bersyukur karena kalau kita pergi ke dukun untuk mengatasi kegalauan, penyakit, atau apapun itu maka Ibadah kita tidak akan diterima oleh Alloh SWT.
  60. Membantu orang yang terkena musibah adalah salah satu cara bersyukur kepada Alloh SWT.
  61. Menulis hal-hal yang baik dan positif untuk sekedar berbagi ilmu merupakan salah satu cara bersyukur kepada Alloh SWT.
  62. Memberikan nasihat yang baik kepada orang lain adalah salah satu cara bersyukur kepada Alloh.
  63. Meleraikan orang yang berkelahi
  64. Berpuasa Di Bulan Suci Ramadhan selain sebagai wujud syukur kita sebagai Orang Beriman juga rahmat, berkah, dan ampunan dosa di dalam Bulan Suci Ramadhan bisa menghapus segala dosa-dosa kita di masa lalu.
  65. Menjauhi Narkoba dan Minuman Keras adalah salah satu cara bersyukur kepada Alloh.
  66. Menutup Tempat hiburan malam dan Diskotik adalah salah satu cara bersyukur kita kepada Alloh agar generasi muda tidak disibukan dengan perbuatan dan pergaulan yang sia-sia.
  67. Memakmurkan mesjid dengan mengadakan kegiata-kegiatan positif di mesjid adalah salah satu cara bersyukur kepada Alloh.
  68. Menyibukan diri dengan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat untuk menuju kebahagiaan di dunia dan akhirat.
  69. Mandi di Pagi hari dan Sore Hari adalah salah satu cara bersyukur kita kepada Alloh dan agar kita menjadi bersih dan sehat.
  70. Bekerja di pagi hari dan beristirahat di malam hari adalah salah satu cara bersyukur kepada Alloh. Bekerja terus tanpa henti berarti anda tidak sayang kepada diri anda sendiri.
  71. Memiliki impian dan cita-cita yang tinggi untuk meningkatkan taraf hidup anda lebih baik adalah salah satu cara bersyukur kepada Alloh. Alloh menyuruh kita untuk mengejar ilmu setinggi-tingginya agar kita bisa menjadi orang yang bermanfaat, menjadi generasi kuat Islam dan menegakan panji-panji Islam di masa datang dan menjadi penerus para Ulama di kemudian hari.
  72. Bergaul dan sering bertanya kepada para Ulama adalah salah satu cara bersyukur kita kepada Alloh.
  73. Rendah hati dan tidak sombong adalah salah satu cara bersyukur kita kepada Alloh meskipun kita memiliki segalanya.
  74. Beribadah Haji atau Umroh adalah salah satu cara bersyukur kita kepada Alloh dan menggenapkan Rukun Islam yang ke-5.
  75. Selalu mengeluarkan Zakat dalam setiap usaha yang kita jalani adalah salah satu cara bersyukur kita kepada Alloh dan sekaligus membersihkan harta kita.
  76. Menjauhi praktek Suap menyuap adalah salah satu cara bersyukur agar kita tidak terjerumus ke dalam dosa.
  77. Membiasakan budaya antri tidak selonong Boy adalah salah satu cara bersyukur sekaligus menghormati orang yang sudah datang duluan menunggu giliran.
  78. Menyapa orang lain dengan Salam adalah salah satu cara bersyukur
  79. Senyum kepada orang lain adalah salah satu cara bersyukur dan merupakan bentuk ibadah yang sangat mudah dilakukan.
  80. Merasa Bahagia disaat orang lain bahagia dan membantu ketika orang lain terkena musibah adalah salah satu cara bersyukur kita kepada Alloh SWT.
  81. Tidak membalas Ejekan orang lain dan menahan diri untuk berbuat keruksakan adalah salah satu cara beryukur dengan sering mengucapkan Astagfirullohaladziim..
  82. Tidak memakai pakaian yang ketat untuk perempuan adalah salah satu cara bersyukur kita kepada Alloh agar terhindar dari Fitnah dan kemaksiatan.
  83. Tidak mengadakan kegiatan yang mengundang hawa nafsu dan syahwat merupakan salah satu cara bersyukur.
  84. Mengadakan pengajian ketika kita mengadakan Khitanan atau Pernikahan untuk Buah Hati Kita.
  85. Memberi makan puluhan bahkan ratusan anak yatim lebih baik daripada mengadakan kegiatan yang berbau kemaksiatan dan merupakan salah satu cara bersyukur kita sebagai hamba Alloh.
  86. Membuka usaha yang baik dan halal untuk syiar Islam itu lebih baik dan merupakan salah satu cara bersyukur kepada Alloh.
  87. Mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi adalah salah satu cara bersyukur kita kepada Alloh.
  88. Memberi Kepuasan dan pelayanan terbaik kepada Orang lain sebagai konsumen kita adalah salah satu cara bersyukur kita kepada Alloh.
  89. Tidak menonton dan menjauhkan diri dari menyaksikan hiburan yang negatif adalah salah satu cara bersyukur kita kepada Alloh.
  90. Menonton keagamaan dan ilmu Agama sebagai bekal hidup kita menuju Akhirat adalah salah satu Cara Bersyukur.
  91. Mengajarkan pendidikan Agama dan Akhlak yang baik kepada anak kita adalah salah satu cara bersyukur dan mendidik mental anak agar memiliki pemahaman agama yang kuat ketika dewasa nanti.
  92. Tidak membuang harta untuk berbuat maksiat dan takabur adalah salah satu cara bersyukur.
  93. Membuat Iklan yang positif dan memiliki nilai dan sarat makna keagamaan yang lebih adalah salah satu cara bersyukur.
  94. Membatasi diri dari pergaulan yang tidak baik adalah salah satu cara bersyukur.
  95. Memilih teman yang baik dan menjauhi teman yang bisa menjerumuskan diri kita kepada dosa adalah salah satu cara bersyukur.
  96. Update status yang baik dan bernilai dakwah atau syiar Agama Islam adalah salah satu cara bersyukur kita kepada Alloh SWT.
  97. Memberikan komentar yang baik dan membangun tidak untuk memojokan, menghina, dan atau melecehkan orang lain adalah salah satu cara bersyukur.
  98. Tidak Korupsi dan menjauhkan diri dari hal-hal Korup adalah salah satu cara bersyukur kita kepada Alloh.
  99. Mendengarkan lagu-lagu Islami bukan lagu-lagu Barat adalah salah satu cara bersyukur kita kepada Alloh SWT.
  100. Selalu mendoakan kebaikan kepada orang lain adalah salah satu cara bersyukur kita kepada Alloh SWT.

Itulah 100 Cara Bersyukur Kepada Alloh SWT Sang Maha Pencipta Alam ini dan seluruh isinya. Jika kita mau bersyukur maka Alloh akan melipat gandakan Nikmat dan rejeki kepada Kita. Mudah-mudahan kita semua menjadi orang yang pandai bersyukur dan selalu mengingat Alloh dalam setiap langkah dan perbuatan kita. Amiin..

Daftar Artikel Terkait :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar